Edit Foto Keren untuk Feeds Instagram

Media sosial Instagram sudah menjadi bagian dari kehidupan nyaris semua orang. Kamu tentu mau mengunggah foto yang bagus di Instagram, kan? Selain teknik fotografi yang bagus, proses pengeditan foto juga berperan penting dalam memberikan kesan yang lebih dalam. Semua orang memang bisa mengedit foto sesuai dengan preferensi masing-masing. Akan tetapi, tidak semua orang mampu menghasilkan editan foto yang bagus dan memuaskan. Melalui artikel ini, Yesternight.id akan membantu kamu supaya hasil edit foto menjadi lebih bagus dan feeds Instagram kamu jadi lebih aesthetic!

  1. Cropping

Ketika memangkas atau memotong foto, perhatikan rule of third atau garis bantu yang biasanya muncul saat cropping. Aturan ini akan membantu kamu dalam hal komposisi frame. Kamu bisa meletakkan objek foto di garis samping atau tepat di tengah-tengah frame agar mendapatkan hasil yang sempurna.

  1. Rotasi

Kamu bisa merotasi ulang foto saat ada objek-objek lain yang masuk ke dalam frame dan cukup mengganggu. Untuk mendapatkan hasil yang lebih presisi, kamu bisa menggunakan grid sebagai patokan. Selain itu, rotasi juga bisa digunakan untuk membuat hasil foto terlihat lebih unik.

  1. Layers dan masks

Teknik ini bisa digunakan jika kamu ingin mengedit level kontras, kecerahan, warna, saturasi, dan lainnya. Kamu bisa menambahkan layer untuk berjaga-jaga apabila kamu tidak puas dengan hasil editannya. Dengan menggunakan layer dan mask, foto asli tidak akan berubah sama sekali.

  1. Warna dan saturasi

Meskipun kamera digital saat ini sudah cukup canggih, terkadang cahaya alami di sekitar dan cara sensor memproses data memengaruhi hasil tangkapan gambar. Misal, warna baju dan kulit akan berubah karena pengaruh lingkungan atau latar belakang yang digunakan saat foto. Untuk menyesuaikan warnanya, kamu bisa menggunakan penyesuaian level (RGB channels), saturasi, atau menggunakan fitur auto color correction.

  1. Sharpening

Penajaman merupakan tahap terakhir dalam proses pengeditan foto. Dengan menajamkan tepi dan detil dalam foto, kontras keseluruhan akan meningkat dan hasil foto akan menjadi lebih bagus. Ini memberikan efek halus dan buram pada beberapa area foto.

Itu dia teknik-teknik dasar yang harus diperhatikan saat melakukan proses editing foto. Ingatlah untuk tidak mengedit foto secara berlebihan karena akan merusak nilai asli dari foto tersebut. Tujuan dari mengedit foto adalah untuk mempercantik dan bukan mengubah foto seutuhnya. Singkatnya, jika kamu ingin mengedit foto, kamu bisa memulai dengan mengatur kontras dan kecerahan serta mengatur HSL atau hue, saturation, dan lightness.

Untuk mengedit foto dengan cepat di smartphone, kamu bisa menggunakan aplikasi seperti Snapseed, VSCO, ataupun Adobe Lightroom. Dengan begitu, hasil foto akan menjadi ciamik dan feeds Instagram kamu akan menjadi lebih cantik. Kamu juga bisa memakai jasa profesional untuk pengambilan gambar dan proses pengeditan untuk mendapatkan hasil yang lebih bagus lagi.

Yesternight.id menyediakan berbagai jasa yang pastinya akan membantu meringankan beban anda dalam bidang dokumentasi, manajemen sosial media dan desain. Berlokasi di Palangka Raya Kalimantan Tengah, Indonesia, Yesternight.id menekuni berbagai bidang diantaranya, Produksi Video, Dokumentasi Event & Wedding, Desain Grafis, Optimisasi & Manajemen Social Media, serta Video & Photography produk.

Subscribe newsletter kami di sini untuk mendapatkan tips & perkembangan seputar Dunia Multimedia & Marketing gratis. Baca juga artikel-artikel lain di Artikel Yesternight.id dan jangan lupa follow sosial media Yesternight.id untuk informasi lainnya dan berita-berita terbaru.

Langganan Artikel

Yuk berlangganan Newsletter Yesternight.id untuk mendapatkan informasi terbaru seputaran industri kreatif & multimedia, serta promo & informasi menarik ekslusif dari Yesternight.id