Tips Sebelum Membeli Kamera DSLR

william bayreuther 586504 unsplash 09970d359bd8927beabdb95e365d006f 600x400

Banyak orang yang ingin membeli kamera walaupun mereka belum terlalu mengerti bagaimana cara mengoperasikannya. Apalagi sudah banyak jenis-jenis kamera sekarang ini dengan berbagai fitur yang ditawarkannya. Tentunya memilih kamera akan semakin sulit dengan banyaknya pilihan.

Tips membeli kamera untuk pemula harus dipikirkan dengan matang agar tidak salah pilih. Dengan begitu, kamu bisa membeli kamera yang benar-benar kamu butuhkan, dan sesuai dengan niat awalmu membelinya. Jadi, kamera yang kamu beli tidak akan sia-sia.

ini dia 11 tips sebelum membeli kamera DSLR :

Tujuan Membeli Kamera

dude thinking

Tips pertama saat ingin membeli kamera adalah tentukan tujuan kamu dalam membeli kamera. Jenis fotografi seperti apa yang kamu inginkan? Ini adalah pertanyaan paling sederhana tapi juga paling sulit dijawab.

Apakah kamu mulai tertarik dengan fotografi atau sekadar hobi pastikan kamu sudah tahu apa tujuanmu agar kamu membeli kamera sesuai kebutuhanmu. Kalau kamu memang mau menyelami dunia fotografi maka penting sekali membeli kamera yang fiturnya canggih dan resolusi gambarnya bagus.

Apapun alasannya, pastikan kamu sudah menetapkan tujuan sebelum membeli kamera.

Tentukan Budget

budget training

Tips membeli kamera selanjutnya adalah menentukan budget. Beberapa orang mungkin belum tahu pasaran kamera tapi setidaknya harus sudah punya patokan budget untuk membelinya.

Hanya karena kamu ingin membeli kamera yang canggih bukan berarti kamu menghabiskan semua budget. Kamu harus senantiasa menyesuaikan dengan kondisi keuanganmu dan jangan merasa gengsi bila saat ini kamu hanya mampu membeli kamera dengan harga yang tidak terlalu mahal. Asalkan fitur teknologinya tetap bisa bersaing dengan kamera yang harganya mahal, tentunya tidak ada masalah.

Kamu bisa memilih kamera DSLR dengan harga sekitar Rp 6 juta sampai dengan Rp 10 jutaan untuk yang simpel tapi sudah mumpuni. Namun, jika berniat cari kamera yang lebih mutakhir, kamu bisa siapkan dana mulai dari Rp 13 juta.

Tahu risiko memiliki kamera

img 540760

Sebelum memilih kamera DSLR sebagai teman perjalananmu, kamu harus tahu benar kekurangan dan kelebihannya. Jika sebelumnya Kamu sudah terbiasa dengan kamera poket, ukuran  yang lebih besar dari kamera poket mungkin akan membuatmu merasa tidak nyaman . Kamu harus mau meluangkan waktu banyak biar terbiasa mengambil gambar menggunakan . Jangan lupa baca buku manualnya, ya!

Perbanyak informasi mengenai kamera yang kamu mau

Screen Shot 2017 09 15 at 09.53.59 e1535703124723

Sesuaikan spesifikasi dengan kebutuhanmu. Apakah Kamu akan lebih sering memotret alam atau ‘human interest’. Apakah akan lebih sering memotret pada siang atau malam hari. Apakah akan lebih difungsikan fitur videonya atau fotonya. Jangan sampai kamu menyesal setelah beli.

Jangan tergoda dengan merk, sekali lagi sesuaikan dengan kebutuhanmu

15 years of passion

Sebenarnya, brand  lebih berpengaruh pada harga kamera di pasaran. Untuk masalah kualitas, jika Kamu masih pada tahap awal belajar menggunakan DSLR (entry level), komparasi semua brand hampir sama kualitasnya. Kecuali Kamu sudah masuk ke tahap ‘pro’ dan ingin memilih kamera high-end, ada sangat banyak faktor yang membedakan kualitas beberapa brand.

Jadi, sekali lagi fokuslah pada kebutuhanmu nanti di lapangan.

Periksa rilis kamera terbaru

phone 190808 800x450 1

enting, utamanya bagi Kamu seorang pribadi yang tak ingin disebut ‘kuno’. Meski memang untuk beberapa brand tak banyak membuat perubahan berarti pada keluaran mereka di entry level, Kamu tetap bisa melakukan komparasi beberapa fiturnya.

Pilih agen kamera di sekitar rumah kamu untuk memudahkan perbaikan ketika rusak (masalah ketersediaan spare-part sangat penting)

inline image preview

Di kota besar, service provider memang lebih banyak dibandingkan kota kecil. Untuk saya yang tinggal di kota kecil, menemukan service provider kamera DSLR memang tidak mudah.

Kalau kebetulan di kota kamu ada service provider, lebih baik kamu membeli di sana. Ini akan memudahkanmu jika tiba-tiba ada kerusakan yang tidak diinginkan.

Pilih yang Mudah Digunakan

4ea5e22dd00b668c3fb4fc097a6f2192

Selain itu, sebagai pemula tentunya kamu harus belajar dari awal dalam menggunakan kamera. Oleh karena itu, ada baiknya kamu membeli kamera yang sudah memiliki fitur shooting automode agar kamu tidak perlu lagi mengatur tingkat kecerahan atau fokus kameramu.

Karena biasanya bagi seorang pemula, yang paling penting adalah kamera sudah mampu menghasilkan foto dengan angle yang bagus tanpa harus mengatur hal-hal lain yang membuat repot.

Pilih ukuran kamera yang sesuai dengan kenyamananmu

Complte Sony Camera Buying Guide gear patrol lead feature 3

Perhatikan kenyamanan kamera saat memegangnya. Jangan hanya melihat spesifikasi dan melihat tanpa mencoba dengan tanganmu sendiri. Karena perjalanan travelingmu akan sangat melelahkan, tidak lucu jika kamu merasa kelelahan tangan karena ukuran kameramu yang tidak sesuai denganmu.

membeli kamera untuk pemula mungkin benar-benar harus diperhatikan. Hal ini disebabkan bila salah memilih kamera dan tidak sesuai dengan kebutuhan maka bisa jadi kamera tersebut malah tidak terpakai dan jadi sia-sia.

eli kamera walaupun mereka belum terlalu mengerti bagaimana cara mengoperasikannya. Apalagi sudah banyak jenis-jenis kamera sekarang ini dengan berbagai fitur yang ditawarkannya. Tentunya memilih kamera akan semakin sulit dengan banyaknya pilihan.

Tips membeli kamera untuk pemula harus dipikirkan dengan matang agar tidak salah pilih. Dengan begitu, kamu bisa membeli kamera yang benar-benar kamu butuhkan, dan sesuai dengan niat awalmu membelinya. Jadi, kamera yang kamu beli tidak akan sia-sia.

inilah tips kalau kamu mau beli kamera, udah kepikiran gak beli yang mana?

_________________________________________________________________________________________________________

yesternight.id telah bekerja dengan banyak jenis industri, EO dan brand dan perusahan.

Kami menyediakan jasa terbaik untuk produk dan jasa kami, dengan konsistensi dan efisiensi menjadi kualitas utama kami. Dan untuk kabar lebih baiknya lagi, harga jasa kami itu dapat dinegosiasi dan sangat murah

Kamu dapat menghubungi kami melalui:

Facebook: Yesternight Indonesia

Yesternight Indonesia – Beranda | Facebook

Instagram: Yesternight.id

#yesternightindonesia (@yesternight.id) • Instagram photos and videos

WhatsApp: https://wa.me/6281349611223?text=Halo%20Yesternight,%20saya%20mau%20tanya%20soal%20

Yesternight.id juga menawarkan banyak jenis jasa multimedia yang akan menguntungkan bisnis dan personal branding kamu. Studio kami menerima jasa manajemen sosial media, penyorotan dokumentasi, dan design logo atau grafis.

Langganan Artikel

Yuk berlangganan Newsletter Yesternight.id untuk mendapatkan informasi terbaru seputaran industri kreatif & multimedia, serta promo & informasi menarik ekslusif dari Yesternight.id