Pencahayaan Dalam Fotografi dan Bagaimana Memanfaatkannya

Pencahayaan dalam fotografi itu kedengarannya simpel, tetapi pada kenyataannya ada banyak proses berpikir, serta trial & error yang dilakukan oleh fotografer untuk memperoleh pencahayaan yang sempurna. Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai bagaimana memaksimalkan pencahayaan, kita harus tau dulu apa aja pencahayaan dalam fotografi.

Sumber: Pexels

Baca: Jasa Foto Produk yang Membuat Produk mu Menjadi Lebih Menarik

Nah dalam fotografi itu, pencahayaan itu tidak sesimpel lampu senter doang. Ada juga beberapa jenis pencahayaan yang harus kamu ketahui. Bahkan dalam film-film favorit kamu juga banyak direktor yang memanfaatkan pencahayaan untuk membuat adegan menjadi semakin dramatik, baca selengkapnya disini.

Sebelum lebih lanjut membaca artikel, baca dulu bagaiman pencahayaan dapat mempengaruhi hasil fotomu disini.

Soft Light vs Hard Light

Sumber pencahayaan yang berbeda memiliki juga kualitas yang berbeda. kualtias ini sangat telihat pada jenis bayangan yang terlihat dalam foto kamu. Jika cahayanya sedikit redup, dapat menciptakan lebih sedikit bayangan dengan kesan yang lebih halus antara cahaya dengan bayangan. Nah cahaya ini disebut dengan soft light. Pencahayaan ini diatur agar tersebar dalam gambar. Jadi cahaya tidak hanya datang dari satu arah dan dengan intensitas yang lebih lembut.

Sumber: Pexels

Contoh yang paling tepat untuk menggambarkan soft light adalah suasana mendung. Atau pada foto senja, umumnya soft light lebih banyak digunakan daripada hard light. Jika kamu ingin mencoba untuk menggunakan soft light, kamu dapaat menggunakan diffuser atau perantara, jika kamu memotret dengan lampu senter kamu dapat menggunakan kertas pelapis yang memfilter cahayanya dan menjadikannya lebih redup dan membuat kesan lebih lembut dalam foto.

Sedangkan hard light itu kebalikan dari soft light, dimana cahaya berasal dari cahaya yang diarahkan langsung, seperti lampu flash, atau sinar matahari secara langsung. Bayangan yang dihasillkan oleh hard light itu sering lebih kontras. Hard light itu lebih jarang digunakan, karena menciptakan emosi yang lebih keras atau kontras daripada soft light. Seringnya hard light digunakan pada foto yang memiliki kesan misterius.

Sumber : Pinterest

Natural light vs Flash Light

Cahaya natural yang dapat kita temukan dimana saja adalah cahaya dari matahari dan bulan. Umumnya, jika kita ingin menjepret gambar di lingkungan diluar dari rumah, kamu dapat memanfaatkan cahaya matahari dengan memantulkannya agar dapat menyaring cahayanya agar dapat menciptakan kesan soft look terhadap gambar kamu.

Sumber: Tumblr

Jika kamu ingin menjepret didalam rumah, kamu dapat memanfaatkan lampu yang dapat kamu atur tingkat kecerahannya, atau kamu juga dapat menggunakan lilin yang secara natural memiliki cahaya yang redup. Tipe cahaya yang didalam rumah ini disebut sebagai flash. Atau dapat juga disebut sebagai cahaya artifisial atau buatan. Ini merupakan alternatif yang lebih mudah bagi kamu yang tinggal di daerah yang sulit mendapatkan sinar matahari atau jika terlalu banyak pohon yang menghalangi sinar matahari.

Sumber: Pexels

Jika kamu melakukan penjepretan foto di studio kamu akan menemui lampu sorot yang sering juga disebut dengan strobe light. Benda ini dapat dikendalikan sesuka hati oleh fotografer untuk mendapatkan cahaya terbaik untuk fotonya. Nah disini para fotografer profesional sering bereksperimen dengan cahaya yang ada untuk mendapatkan hasil foto yang maksimal, mulai dari mencoba semua sudut hingga penempatan cahaya. Selain memerhatikan peran cahaya, sebagai newbie dalam fotografi kamu juga harus memperhatikan tren-tren terbaru di fotografi pada tahun 2021, baca disini.

Nah kamu udah tahukan jenis-jenis pencahayaan dalam fotografi, mana nih favorit kamu? Jangan sampe ketinggalan artikel-artikel lain dari newsletter Yesternight.id yang pastinya bermanfaat dan juga menambah pengetahuan kamu seputar dunia multimedia para milenial yang terhits. Mulai dari artikel mengenai tips dan trik dalam fotografi, videografi, juga software editing yang pas hingga ada juga artikel yang membahas management dalam berbisnis online. Tunggu apa lagi ayo subscribe ke newsletter Yesternight.id.

 

Langganan Artikel

Yuk berlangganan Newsletter Yesternight.id untuk mendapatkan informasi terbaru seputaran industri kreatif & multimedia, serta promo & informasi menarik ekslusif dari Yesternight.id