Get to Know Photoshop Part 2 : The Basics

Setelah kamu udah tahu apa itu Photoshop dan fitur-fitur apa aja yang ada didalamnya. Sekarang waktunya untuk belajar tutorial dasar dalam menggunakan photoshop. Yesternight nge-rekap kembali nih pengetahuan kamu. Dalam Photoshop itu ada tiga bagian toolbox atau menu. Yang pertama dan terletak dibagian atas itu merupakan tools-tools untuk fitur, seperti cropping, dan lainnya. Yang kedua itu merupakan kumpulan tools untuk retouch dan warna, digunakan untuk mengganti palet warna dan juga memperbaiki kualitas bagian dalam gambar. Yang ketiga adalah tools untuk menggambar dan ketikan. Digunakan untuk menambahkan tulisan teks diatas gambar kamu.

Setelah pengetahuan udah ter-refresh kembali, mari kita masuk ke bagaimana cara mengedit di photoshop. Yuk cekidot:

Bagaimana cara menggunakan Layers dalam Photoshop

Ketika berpikir tentang layer, kamu mungkin memikirkan lapisan dalam gunung. Bukan itu guys. Apa yang dimaksud layer disini itu adalah bagian dalam gambar kamu yang merupakan warna yang tertumpuk satu sama lain. Misalnya ketika kamu ingin mengedit satu bagian dalam foto kamu, tiba-tiba kok bagian lainnya juga ikut teredit. Nah ini kemungkinan adalah masalah pada layer gambar kamu. Nah untuk menghilangkan layer, kamu dapat mengklik “hide” ikon yang berbentuk bola mata yang disamping setiap layer.

Sumber : Oberlo

Di contoh diatas kamu dapat liat kan, ada tiga layer dalam gambar: satu untuk logo dibawah, satu untuk text, dan s

atu untuk gambar latar. Sangat direkomendasikan untuk kamu memberikan nama pada setiap layer agar kamu ngga bingung nantinya. Untuk melakukan ini, kamu tinggal klik dua kali di yang tertulis “Layer X” dan ketik apapun yang kamu mau (asal kamu tetap ingat)

Nah, kemudian, jika kamu logo kamu berpindah-pindah. Kamu dapat mengklik layer logo dan memindahkannya, tanpa menganggu bagian-bagian lain dalam dokumen.

Bagaimana Cara Menggunakan Pen Tools di Photoshop.

Pen tool memiliki fungsi untuk kamu dapat menggambar bentuk kamu sendiri. Ada empat pilihan yang tersedia, yaitu:

  1. Standard Pen, untuk menggambar garis lengkung atau lurus
  2. Curvature Pen, untuk menggambar segmen garis lurs dan garis lengkung yang semi-automatik
  3. Freeform Pen, untuk menggambar bentuk secara bebas
  4. Magnetic Pen, untuk menggambar garis yang memiliki ujung yang dapat ditarik dan lebih presisi.

Karena tutorial standar, kita belajar pakai Standard Pen dulu, kalau kamu tertarik untuk belajar cara menggunakan pen yang lainnya, kamu dapat mencari Adobe Photoshop Tutorials

Pilih Standard Pen Tool dengan cara mengklik dan menahan ikon Pen dan memilih yang bertuliskan “Pen Tool”. Setiap kali kamu mengklik dokumen kamu, kamu membentuk satu titik yang disebut sebagai anchor point. Point ini berperan sebagai sudut, atau point dimana bentuknya memiliki bentuk atau miring. Contoh ni, jika kamu ingin gambar bintang. Kamu klik dibagian dimana kamu mau sudut bintang itu berada dan kemudian kamu klik di anchor point pertama untuk menutup gambar tersebut.

How to Use Photoshop: Photoshop Tutorials for Beginners

Sumber: Adobe

Bagaimana Cara Menggunakan Type Tools di Photoshop

The Type Tool itu berfungsi untuk menambahkan kotak teks pada gambar kamu. Ketika kamu menahan ikon Type tool di toolbox kamu. Kamu akan diberikan pilihan untuk mengetik secara horizontal atau secara vertikal. Photoshop memiliki banyak pilihan font, tetapi kamu selalu dapat juga memasukkan bentuk font kustom untuk brand kamu. Ini dapat dilakukan melalui menginstal file OTF atau TFF ke dalam folder Font di laptop kamu. Ketika kamu merestart komputer kamu, font nya sudah ada di Photoshop.

Type tool sendiri  memiliki banyak pilihan, seperti mengganti:

  • Ukuran dan warna, juga gaya tulis seperti Italic (miring), small caps, underline (garis bawah), dan lainnya
  • Spasi diantara setiap kata, bahkan spasi diantara huruf.

Skala vertikal ataupun horizontal teks kamu, atau seberapa tinggi atau lebar kamu maunya.Sumber: Lencraft

Bagaimana Cara Menggunakan Gradient Tools dalam Photoshop

Gradiasi atau transisi halus antara dua atau lebih warna. Gradiasi dapat menjadi latar yang bagus untuk fotografi produk atau iklan. Menampilkan aura profesional

Bagaimana cara membuat gradient:

  1. Klik di icon berbentuk ember paint. Tahan hingga pilihannya muncul. Pilih “Gradient Tool”
  2. Gunakan opsi menu yang muncul dibawah barisan menu. Jika kamu klik di menu dropdown, kamu dapat menemukan presetting Gradien yang dapat kamu pilih.

How to Use the Gradient Tool in Photoshop CS6 : Photoshop CS6 & Elements -  YouTubeSumber: Youtube

  1. Ketika kamu sudah tentukan pilihan gradien mu, klik ok. Sekarang kamu dapat menggambar di dokumen kamu dengan mengklik di point awal, tahan dan tarik mouse mu kebawah hingga dimana kamu ingin warna gradien itu berakhir. Contoh kamu mau dia diagonal seperti gambar dibawah ini.
  2. Setelah kamu menarik garis, Photoshop secara otomatis mengisi bagian kosong menjadi.

Bagaimana Cara Menggunakan Lasso Tool di Photoshop

Lasso tool membantu kamu untuk memilih bagian tertentu sebuah gambar agar kamu dapat mengisolasinya, memotongnya, atau mengeditnya secara terpisah dari gambar lainnya. Berbeda dengan selection berbentuk persegi atau lingkaran, menggunakna lasso kamu dapat membentuk bentuk yang bebas.

Ada tiga opsi untuk lasso tool, yaitu

The Lasso Tool - Photoshop Selections

Sumber: Photoshop Essentials

  • Standard lasso, untuk menggunakan ini, cukup gambar bentuk yang kamu inginkan untuk dipotong sambil menahan klik di mouse.
  • Polygonal Lasso, memberikan kamu fungsi untuk menggambar poligon dengan pinggiran yang lurus. Daripada menarik mouse untuk membuat bentuk, kamu dapat menklik setiap poin dimana kamu ingin mengakhiri garis poligon kamu.
  • Magnetic Lasso, tool ini pintar untuk presisi yang lebih baik. Secara automatis memilih item yang kamu pilih, jadi kamu dapat menselectnya dengan akurasi yang lebih baik. Cukup klik poin awal kamu di sudut gambar dan tahan sembari kamu melacak gambar tersebut. Ketika kamu sudah lepaskan photoshop
    memberikanpilihan itu

How to Use Photoshop: Photoshop Tutorials for Beginners

Sumber : Oberlo

Gimana teman-teman ? Apa Photoshop menurut teman-teman merupakan software yang jagonya dalam mengedit foto? Apakah masih sulit dalam menggunakan photoshop? Tuliskan jawaban kamu di kolom komentar. Untuk mengetahui info-info yang lebih lengkap mengenai dunia animasi dan softwarenya kamu dapat subscribe newsletter Yesternight.id. Kamu dapat memperoleh informasi terbaru dan terkini mengenai topik seperti animasi, fotografi, sinematografi dan bahkan juga mengenai topik marketing.

Langganan Artikel

Yuk berlangganan Newsletter Yesternight.id untuk mendapatkan informasi terbaru seputaran industri kreatif & multimedia, serta promo & informasi menarik ekslusif dari Yesternight.id

0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar