Get to Know Photoshop Buat Para Noob dalam Edit Foto

Kamu pasti pernah mendengar tentang Adobe Photoshop, bahkan kalau kamu bukan merupakan seorang desainer. Karena di era digital sosial medial saat ini, banyak sekali tokoh publik yang menggunakan photoshop untuk mengalter fotonya untuk sesuai dengan keinginannya. Kamu pasti bisa membayangkan tokoh publik mana saja yang menggunakan photoshop, yapss ada Kim K, James Charles, Kylie Jenner dan masih banyak lagi. Faktanya  penggunaan photoshop ini sudah sangat umum sehingga sangat lazim untuk digunakan terutama dalam mengupload foto ke sosial media.

Baca : Tips Selfie Biar gak Itu-itu aja

57 Celebrities Before And After Photoshop Who Set Unrealistic Beauty  Standards | Bored Panda

Sumber : Bored Panda

Meskipun demikian, photoshop tidak selamanya dipakai untuk mengubah penampilan loh. Photoshop memiliki banyak fungsi, terutama jika kamu adalah seorang desainer grafis, ataupun seorang pebisnis. Karena mengetahui bagaimana cara menggunakan photoshop dapat menjadi bantuan promosi yang besar saat kamu ingin memasarkan produk atau jasa kamu. Nah mau mulai? Tapi keliatannya susah? Tak perlu khawatir, Yesternight.id akan menyuguhkan tutorial photoshop untuk para pemula, jadi jika kamu sudah memahami tutorial ini kamu dapat pindah dari menggunakan software dasar ke software photoshop yang lebih sulit.

Bagaimana cara menggunakan photoshop?

Kita akan mulai dengan software paling dasar, yaitu Adobe Photoshop. Adobe photoshop adalah software gambar dan desain grafis yang digunakan oleh banyak orang didunia ini. bukan hanya untuk foto, tapi kamu juga dapat menggunakan photoshop untuk mendesign website, edit video dan membuat karya seni 3D.

Online Course: Photoshop CC Tips & Tricks from Pluralsight | Class Central

Sumber: Class Central

Sebelum mulai, penting untuk memahami dulu apa aja bagian-bagian yang ada dalam program. Ketika kamu membuka program, kamu akan melihat menut utama dibagian atas, di bagian kiri, kamu akan melihat barisan tools, dan kemudian dibagian kanan, kamu akan melihat tool untuk warna dan layer.

Ketika kamu udah memahami apa yang ada dalam photoshop, sekarang kita masuk ke langkah-langkahnya yang dibagi dalam beberapa section, yaitu:

Bagaimana cara membuka dokumen di Photoshop?

Untuk membuka dokumen, ataupun membuat dokumen baru, kamu harus klik “File” di bagian menu kiri atas. Pilih “New” untuk membuat dokumen baru. Atau klik “Open” untuk membuka fila apa yag ingi kamu edit

Ketika kamu membuat dokumen baru, boks dialog akan muncul. Pada boks ini kamu dapat memberikan nama pada file dan memiliki ukuran dan resolusi yang kamu inginkan.

Setelah kamu memilih file, atau memberikan nama dan telah menentukan ukuran dan resolusi, klik OK dan sekarang kamu siap untuk melakukan photoshop.

Photoshop Toolbox

Mirip dengan Paint, photoshop juga memiliki toolbox yang berada di sebelah kiri. Tools-tools nya digolongkan berdasarkan fungsinya:

  • Bagian atas merupakan alat untuk fitur; seperti cropping, dan tool untuk memotong gambar. Gunakan tool ini untuk memilih bagian dari gambar yang ingin kamu edit atau perbaiki, atau potong bagian yang tidak kamu inginkan.
  • Bagian kedua merupakan tools untuk retouch dan warna. Gunakan tools ini untuk menghilangkan corak atau titik yang tidak diinginkan dalam sebuah foto, hapus bagian tersebut dan kemudian gunakan palet warna yang telah disediakan lalu kemudian masukkan warna atau membuat warna menjadi lebih blur. Ini membuat ada efek vintage dari foto.
  • Bagian ketiga terdiri atas tools menggambar dan ketikan. Gunakan tools ini untuk menulis teks diatas gambar kamu, atau misalnya kamu ingin menggambar sesuatu di gambar kamu. Kamu dapat emenggunakan pulpen khusus untuk melakukan prosedur ini dengan mudah.

Keuntungan menggunakan Photoshop untuk Bisnis Kecil

Sumber : Google

1. Menjadi branding yang konsisten

Terutama jika kamu baru memulai suatu bisnis, sulit untuk mengembangkan brand baru. Disini lah kegunaan photoshop datang untuk mempermudah kamu dalam membangun image brand kamu tanpa perlu menyewa jasa yang sangat mahal. Kemudian karena penggunaannya juga yang mudah memberikan kamu kesempatan untuk belajar menggunakan program dengan cepat.

2. Memberikan gambar yang memiliki kualitas tinggi

Tentunya bukan kamu saja yang memiliki gambar produk sebagai marketing kamu, tetapi pelanggan dapat langsung melihat dan pastinya akan lebih tertarik dengan foto produk yang lebih menarik, serta memiliki kualitas gambar yang lebih bagus. Dengan menggunakan Photoshop, kamu dapat mengedit foto produk kamu dengan memberikan nya efek yang dapat membuat foto itu lebih menarik daripada hasil foto biasa.

3. Merupakan material marketing yang bagus

Selain foto produk, kamu juga dapat memarketkan diri kamu sendiri menggunakan editan foto di Photoshop. Beberapa selebriti bahkan sangat dikenal dengan kemampuannya untuk melakukan Photoshop. Selain terlihat lebih menarik buat folowers, juga terlihat menari untuk para endorser. Yuk caritahu gimana buat feeds Instagram yang estetik, klik disini.

4. Bisa untuk membuat design website

Ketika kamu baru memulai bisnis, sulit bagi kamu untuk juga memiliki desainer web yang digunakan untuk mendesign website produkmu. Dengan menguasai skill Photoshop, kamu dapat menghemat sedikit biaya itu dan juga diwaktu yang sama, mempelajari skill baru yang sangat bermanfaat bagi diri dan juga bisnis.

 

Gimana teman-teman ? Apa Photoshop menurut teman-teman merupakan software yang jagonya dalam mengedit foto? Tuliskan jawaban kamu di kolom komentar. Untuk mengetahui info-info yang lebih lengkap mengenai dunia animasi dan softwarenya kamu dapat subscribe newsletter Yesternight.id. Kamu dapat memperoleh informasi terbaru dan terkini mengenai topik seperti animasi, fotografi, sinematografi dan bahkan juga mengenai topik marketing.

Langganan Artikel

Yuk berlangganan Newsletter Yesternight.id untuk mendapatkan informasi terbaru seputaran industri kreatif & multimedia, serta promo & informasi menarik ekslusif dari Yesternight.id

0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar