8 Shot Kamera Yang Harus Kamu Tau

3554x1999 photographer man hands

Shot sering diartikan sebagai sebuah aktivitas dimana perekaman dimulai dari menekan tombol rekam pada kamera hingga diakhiri dengan menekan tombol stop.

Sedangkan Scene adalah sering didefinisikan sebagai tempat atau setting di mana sebuah cerita akan dimainkan, hal ini tentu saja dipengaruhi oleh dunia teater atau panggung.

Sebuah Scene bisa terdiri dari beberapa shot atau bisa saja satu shot panjang yang disebut sebagai Sequence shot. Sequence adalah rangkaian dari beberapa scene dan shot dalam satu kesatuan yang utuh.

Tipe-tipe dari shot dibagi dalam beberapa bagian, hal ini akan sangat membantu pada komunikasi visual, ketika kita bercerita kepada penonton atau menyampaikan sebuah informasi kepada penonton maka kita memerlukan beberapa penekanan atas informasi penting tersebut,

maka dari itu kita memerlukan detail penyampaian informasi tersebut karena itulah kita memerlukan beberapa tipe shot, misalnya kita membuat close up dari sebuah objek agar penonton bisa lebih melihat detail atau menerima dengan jelas atas informasi yang kita berikan.

Tipe shot biasanya dikaitkan dengan tujuan pengambilan gambar tingkat emosi, situasi dan kodisi objek di suatu kondisi.

Terdapat bermacam-macam istilah shot types dalam pengambilan gambar diantaranya sebagai berikut:

camera angles3

1.Extreme Long Shot (XLS)

Shot jenis ini diambil dari jarak yang sangat jauh, gambar yang dihasilakan dari jenis shot ini adalah untuk menampilkan lokasi sebuah kejadian tetapi tanpa harus memperlihatkan objek dengan jelas, Dengan demikian dapat diketahui posisi objek tersebut terhadap lingkungannya.

2.Long Shot (LS)

Pengambilan secara keseluruhan. Shot ini hampir sama dengan Extreme Long Shot akan tetapi di tipe shot ini objek diperlihatkan agak jelas

3.Medium Long Shot ( MLS )

Teknik ini hampir mirip dengan long shot tetapi batas pengambilan gambar biasanya mulai lutut hingga kepala. Ruang yang diambil lebih sempit dari teknik long shot.

4.Medium Shot (MS)

Pengambilan dari jarak sedang, jika objeknya orang maka yang terlihat hanya separuh badannya saja (dari perut/pinggang keatas), pengambilan shot ini bertujuan untuk memperlihatkan aktivitas objek.

5.Medium Close Up (MCU)

Shot jenis ini di ambil dari bagian dada ke atas, jenis shot ini bertujuan untuk memperlihatkan emosinya namun tetap menunjukan gerak-geriknya.

6.Close up ( CU )

Teknik ini biasanya diambil mulai bagian bawah bahu sampai kepala. Teknik ini untuk memperlihatkan detail ekspresi dan mimik seseorang. Biasanya digunakan untuk memotret ekspresi seseorang misalnya juga memperlihatkan kerutan wajah pada subjek agar terlihat dramatis.

7.Big Close Up (BCU)

Pengambilan gambar jenis ini diambil dari sebatas dahi hingga dagu, shot ini bertujuan untuk menunjukan detail dari ekspresi objek dengan headroom terpotong.

8.Extreme Close Up (ECU/XCU)

Pengambilan gambar jenis ini bertujuan untuk memperlihatkan sebuah detail atau emosi dari objek contohnya seperti hidung pemain, Mata, bibir, atau bahkan ujung tumit dari sepatu.

Demikian macam-macam shot types dalam pengambilan gambar yang harus kamu ketahui, semoga artikel ini bermanfaat dan semakin membuat kamu mahir dalam menyampaikan sebuah pesan atau makna tertentu dalam pembuatan sebuah video.

_________________________________________________________________________________________________________

yesternight.id telah bekerja dengan banyak jenis industri, EO dan brand dan perusahan.

Kami menyediakan jasa terbaik untuk produk dan jasa kami, dengan konsistensi dan efisiensi menjadi kualitas utama kami. Dan untuk kabar lebih baiknya lagi, harga jasa kami itu dapat dinegosiasi dan sangat murah

Kamu dapat menghubungi kami melalui:

Facebook: Yesternight Indonesia

Yesternight Indonesia – Beranda | Facebook

Instagram: Yesternight.id

#yesternightindonesia (@yesternight.id) • Instagram photos and videos

WhatsApp: https://wa.me/6281349611223?text=Halo%20Yesternight,%20saya%20mau%20tanya%20soal%20

Yesternight.id juga menawarkan banyak jenis jasa multimedia yang akan menguntungkan bisnis dan personal branding kamu. Studio kami menerima jasa manajemen sosial media, penyorotan dokumentasi, dan design logo atau grafis.

 

 

 

 

 

 

Langganan Artikel

Yuk berlangganan Newsletter Yesternight.id untuk mendapatkan informasi terbaru seputaran industri kreatif & multimedia, serta promo & informasi menarik ekslusif dari Yesternight.id