Apa Sih Visual Jockey Itu ?

Pernah kah kalian melihat konser megah yang dibarengi juga dengan visual yang spektakuler. Dibalik spektakuler nya visual konser musik tersebut pasti kalian bertanya-tanya siapakah sosok di balik visual itu, mereka adalah para Visual Jockey.

 

Apa Itu Visual Jockey  ?

Apa sih visual jockey itu ? menurut shvr.id, visual jockey atau bisa juga disebut dengan vjing adalah orang orang yang menciptakan sebuah citra visual lewat teknologi secara real time dalam suatu sinkronisasi musik. jadi bisa diartikan visual jockey adalah orang orang yang mencampurkan seni visual dengan musik melalui teknologi. VJing sering terjadi di acara-acara seperti konser, klub malam, festival musik dan kadang-kadang dalam kombinasi dengan seni performatif lainnya . Hal ini menghasilkan performa multimedia yang hidup yang dapat mencakup musik, aktor dan penari.

 

Asal muasal Visual Jockey

Visual Jockey pertama kali di perkenalkan oleh mary hallock yang menghubungkan visualisasi dan suara. Ini referensi sejarah dibagi dengan bentuk lain audiovisual, seperti Cinema Live, untuk menyertakan kamera obscura, panorama dan diorama, lentera ajaib, organ warna, dan menunjukkan cahaya cair. Organ warna adalah suatu mekanisme untuk membuat warna sesuai dengan suara melalui cara mekanis dan elektromekanik. Dalam sebuah buku dari tahun 1893 yang mendokumentasikan karyanya, Uskup menyatakan: “. I diperoleh organ, dan bereksperimen dengan membangun lampiran ke tombol, yang akan bermain dengan lampu berwarna berbeda untuk sesuai dengan musik instrumen”.

 

Apa saja yang dilakukan Visual Jockey  ?

Nah, Apa saja yang dilakukan seorang Visual Jockey, yang Pertama, mereka akan mengumpulkan dan memproduksi motion graphic atau shooting video, lalu mengedit visual tersebut dan yang kedua mereka akan mencampurkan visual tersebut dengan audio secara real time.

 

Apa saja peralatan Visual Jockey

Berikut adalah alat atau software yang digunakan oleh Visual Jockey.

Source -hardware menghasilkan gambar video yang dapat dimanipulasi oleh Visual Jockey, misalnya kamera video dan Video Synthesizer.
Playback – memainkan sebuah video stream yang ada dari disk atau media penyimpanan rekaman berbasis, misalnya VHS kaset player dan pemutar DVD.
Mixing – pencampuran memungkinkan menggabungkan beberapa aliran misalnya video yang Mixer Video atau komputer menggunakan software VJ(seperti Modul8, Resolume, MotionDive Tokyo, VJamm, FLxER, dan VDMX)
Effect – Efek hardware memungkinkan menambahkan efek khusus untuk video stream, misalnya unit pengoreksi warna
Output – Hardware Output untuk menampilkan sinyal video, misalnya Video proyektor, layar LED, Plasma atau layar.
Production – Software yang digunakan dalam produksi konten misalnya Adobe Premiere, After Effects, dan Final Cut Pro Apple

 

 

Kalau kalian tertarik ingin menjadi seorang Visual Jockey, kalian wajib sekali menjadi individu yang kreatif. Sebuah visual bisa menjadi boring jika tidak ada kreatifitas. Apalagi Visual Jockey adalah bagian dari seorang seniman, jadi setidaknya kalian harus punya kecintaan terhadap art khususnya visual art. Kalian juga harus update dengan informasi-informasi tentang dunia, terutama perkembangan musik. Selain itu, seorang Visual Jockey setiap harinya akan berkutat dengan teknologi. Sebisa mungkin kalian cari teknik-teknik baru. Sekian dan Selamat Mencoba.

 


 

Yesternight.id telah bekerja dengan banyak jenis industri, EO dan brand dan perusahan. Kami menyediakan jasa terbaik untuk produk dan jasa kami, dengan konsistensi dan efisiensi menjadi kualitas utama kami. Dan untuk kabar lebih baiknya lagi, harga jasa kami itu dapat dinegosiasi dan sangat murah

Kamu dapat menghubungi kami melalui:

Facebook: Yesternight Indonesia

Yesternight Indonesia – Beranda | Facebook

Instagram: Yesternight.id

#yesternightindonesia (@yesternight.id) • Instagram photos and videos

WhatsApp: https://wa.me/6281349611223?text=Halo%20Yesternight,%20saya%20mau%20tanya%20soal%20

Yesternight.id juga menawarkan banyak jenis jasa multimedia yang akan menguntungkan bisnis dan personal branding kamu. Studio kami menerima jasa manajemen sosial media, penyorotan dokumentasi, dan design logo atau grafis.

 

Langganan Artikel

Yuk berlangganan Newsletter Yesternight.id untuk mendapatkan informasi terbaru seputaran industri kreatif & multimedia, serta promo & informasi menarik ekslusif dari Yesternight.id