Mengejutkan, TikTok Cash Ternyata Bukan Bagian dari TikTok hingga Diblokir Kominfo

Beberapa tahun terakhir media sosial dikejutkan dengan kedatangan aplikasi bernama TikTok. Peminat TikTok ini sempat naik turun dan di tahun 2020 mengalami kenaikan yang signifikan, yaitu dibuktikan dengan media social ini menjadi trending. Bahkan beberapa pelaku bisnis mengatakan bahwa penjualannya mengalami kenaikan hingga 200% karena melakukan promosi di akun TikTok.

Beberapa influencer, pejabat, seleberiti, bahkan masyarakat umum banyak yang beralih menggunakan aplikasi ini untuk berbagai hal. Mulai dari eksistensi diri, berjualan, Pendidikan, membagikan tips, dan lain sebagainya.

Beberapa waktu terakhir para pengguna TikTok juga dikejutkan dengan munculnya TikTok Cash. TikTok Cash merupakan kesempatan untuk mendapatkan uang hanya dengan menonton konten TikTok. Namun banyak pihak yang mencurigai system TikTok Cash ini dengan berbagai alasan dan Kominfo juga resmi memblokirnya. Sebetulnya apa yang harus dicurigai dari TikTok ini? Yesternight.id akan merangkumkannya khusus untuk kamu

Baca juga: Apa Itu TikTok Cash? Ini Penjelasan Lengkapnya (detik.com)

TikTok Cash

Hanya dengan mem-follow akun, menyukai dan menonton video atau konten TikTok kemudian bukti dari melakukan ketiga hal tersebut di-screenshoot, maka pengguna akan mendapatkan saldo yang dikirimkan ke rekening.

Namun terdapat satu keanehan di awal yaitu pengguna harus membayar biaya keanggotan sebelum dapat menghasilkan keuntungan.Nominal uang yang harus dikeluarkan untuk biaya keanggotan ini bermacam-macam.

Sumber: Alexander Mils

Tiktok Cash Tidak Diizinkan

Fakta mengejutkan yang dituturkan oleh ketua Satgas waspada investasi OJK (Otoritas Jasa Keuangan) yaitu  Tongam L Tobing, beliau mengatakan bahwa TikTok Cash tidak memiliki izin kegiatan. Aplikasi ini sejenis money game yaitu tidak ada barang atau jasa yang dijual dimana  mengharuskan satu anggota untuk merekrut banyak anggota lain.

Pihak Satgas waspada investasi OJK juga meminta Kominfo untuk memblokir situs TikTok Cash ini. meskipun belum ada masyarakat yang mengadu ke Satgas Waspada Intevtasi OJK mengenai kerugian yang ditimbulkan dari situs ini.

Liat juga: https://www.kompas.com/tren/read/2020/07/05/200500365/mengapa-TikTok-begitu-digandrungi-dan-bahkan-membuat-kecanduan-

 

Masih Dapat Diakses

Meskipun Kominfo sudah memblokir situs ini, namun pada tanggal 11 Februari 2021 situs TikTokeCash.com ini masih dapat diakses namun dengan memunculkan notifikasi yang mengatakan bahwa pihaknya itu sedang diserang pesaing dan sedang berusaha untuk menangkal tuduhan-tuduhan negative yang diarahkan kepada pihak TikTok Cash.

Sumber: Kat Wilcox

Pernyataan Resmi TikTok

Secara mengejutkan ternyata TikTok dengan resmi mengeluarkan klarifikasi terkait permasalahan tersebut. Melalui akun Instagram resmi TikTok Indonesia @TikTokofficialindonesia pada tanggal 11 Februari 2021, pihaknya mengatakan bahwa tidak pernah meminta uang dari pengguna TikTok. Selain itu TikTok juga mengatakan bahwa TikTok Cash tidak terafiliasi sama sekali dengan TikTok. Oleh sebab itu pengguna TikTok diminta untuk terus berhati-hati terhadap situs TikTok Cash dan situs sejenis.

Nah begitulah penjelasan TikTok Cash yang ternyata banyak keanehan di dalamnya. Karena telah resmi di blokir pengguna, sebaiknya kamu yang telah menggunakan TikTok Cash untuk segera meninggalkan situs tersebut. Bagi kamu yang berniat ingin mengakses dan bergabung menjadi anggotanya, kamu harus segera mengurungkan niat tersebut.

Pastikan juga kamu lebih menyadari bahwa sekarang sangat banyak situs maupun aplikasi yang menawarkan bisa menghasilkan uang dengan cara yang tidak masuk akal. Kamu harus berhati-hati karena sangat mungkin situs atau aplikasi tersebut adalah bagian dari penipuan. Niat kamu untuk mendapatkan untung malah berbalik bunting kan sobat?

Baca juga: Jangan Install! Ini 7 Jenis Aplikasi Berbahaya Bagi Android Kamu | Jalantikus

Pastikan kamu membaca artikel menarik lainnya yang dibuat Yesternight.id ya!

Yesternight.id merupakan penyedia berbagai jasa yang akan membantu meringankan beban kamu dalam bidang dokumentasi, manajemen sosial media dan desain. berlokasi di Palangka Raya Kalimantan Tengah, Indonesia, Yesternight.id menekuni berbagai bidang diantaranya, Produksi Video, Dokumentasi Event & Wedding, Desain Grafis, Optimisasi & Manajemen Social Media, serta Video & Photography produk.

Subscribe newsletter kami di sini untuk mendapatkan tips & perkembangan seputar Dunia Multimedia & Marketing gratis. Baca juga artikel-artikel lain di Artikel Yesternight.id dan jangan lupa follow sosial media Yesternight.id untuk informasi lainnya dan berita-berita terbaru.

 

Langganan Artikel

Yuk berlangganan Newsletter Yesternight.id untuk mendapatkan informasi terbaru seputaran industri kreatif & multimedia, serta promo & informasi menarik ekslusif dari Yesternight.id

0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar