Career Tips on Social Media : Linkedin

Kamu seorang fresh-graduate? Bingung mau ngirim lamaran kemana? Atau bingung mau cari lowongan dimana? Sebuah website jobseeker ini dapat menjadi solusi bagi kamu yang galau mencari loker yang entah dimana.

Setelah kamu lulus kuliah, kamu mungkin beranggapan bahwa mencari pekerjaan itu mudah, tinggal kita yang harus pintar mencari lowongan. Tetapi dunia tidak semudah itu ferguso. Pada kenyataaanya, mencari pekerjaan itu butuh proses mulai darai memasukan lamaran yang pasti membutuhkan waktu, tenaga, dan biaya lain-lain. Tetapi itu jaman baheula. Sekarang udah ada aplikasi loh yang bisa membantu kamu mendaftar lowongan pekerjaan tanpa kamu harus pusing bolak-balik ke kantor atau pusing nanya tetangga mengenai lowongan.

Sumber : Pexels

Website ini namanya Linkedin. Yapss.. sebuah website para jobseeker bahkan juga para (pssstt… HRD) yang mencari rekruit baru dalam perusahaan. Website yang didirikan oleh Reid Hoffman ini dapat membantu kamu mencari loker sesuai dengan kompetensi kamu. Gimana caranya, yuk ikuti artikel ini sampai habis:

Membangun Profil Profesional Anda

Sumber : Pexel

Pertama, kamu download dulu Linkedin di playtore kamu, kemudian tekan sign in dan bentuk profil kamu yang profesional. Dimulai dari nama, pendidikan, organisasi dan dilengkapi dengan foto profesional kamu. Profil profesional dapat memberikan kamu citra sebagai fresh-graduate yang siap untuk bekerja di hadapan para rekruiter yang berlalu-lalang di Linkedin. Kesan pertama itu sangat penting bagi lingkup profesional dan juga dapat menentukan bagaimana akhir karir kamu kedepannya. Makanya jangan pake foto anime ya..

Memperluas Koneksi Anda

Selain membuat kesan pertama yang baik di profil anda, anda juga perlu untuk menemukan koneksi yang luas dalam proses berkarir. Linkedin membant kamu untuk berinteraksi dengna semua orang di seluruh dunia. Kamu bisa mencari sesama fresh-graduate dari kampusmu bahkan juga bisa mengirimkan undangan koneksi kepada HRD, tetapi ingat harus sopan dalam mengirimkan undangan koneksi. Jangan sembarang tulis p aja di kolom chat.

Memudahkan Kamu dalam Menemukan dan Melamar Pekerjaan

Sumber : Pexel

Tahukah kamu? Biasanya para HRD membuat postingan lowongan pekerjaan, jadi bila kamu sedang mencari pekerjaan kamu bisa menanyakan langsung kepada HRD. Bahwa apakah ada lowongan pekerjaan yang terbuka di PT nya bekerja saat ini. Harus selalu diingat untuk bertanya dengan sopan dan dengan sabar menunggu balasan karena bukan kamu saja yang bertanya mengenai lowongan pekerjaan kepada beliau.

Membuka Kesempatan Kamu untuk Dilirik dan Direkrut oleh Perusahaan

Banyak eksekutif dalam perusahaan memiliki akun Linkedin lho.. seperti buat kamu yang jobseeker. Para eksekutif juga menggunakan Linkedin untuk rekruit karyawan. Linkedin menawarkan profil-profil para jobseekers kepada para eksekutif ini yang sesuai dengan deskripsi pekerjaan yang kamu inginkan. Dengan begitu kamu juga harus sering memperbarui akun mu agar dapat dilirik oleh eksekutif ini dengan melakukan magang, atau kegiatan relawan.

Mendapatkan Inspirasi atau Trend Terbaru dalam Pekerjaan Impianmu

Ini sih dari pengalaman pribadi penulis. Beberapa minggu lalu, saat penulis buka Linkedin, ketemu sebuah postingan yang memotivasi banget dari seorang HRD di sebuah PT produksi makanan. Beliau mengatakan bahwa bahkan fresh-graduate yang belum memiliki pengalaman asal memiliki keinginan untuk belajar lebih baik daripada seorang yang berpengalaman yang tidak ingin belajar. Dengan mengetahui ini, kamu dapat berkembang menjadi versi kamu yang lebih baik. Selain pengembangan diri, kamu juga dapat menermukan trend apa saja dalam dunia pekerjaan mu, misalnya perkembangan industri dan lainnya agar kamu tidak ketinggalan atau kulot.

Baca: 10 situs penyedia gambar gratis terbaik dan terpopuler

Setelah membaca tentang Linkedin, para pembaca masih ragu untuk membuat akun Linkedin? Tidak harus Fresh-graduate kok yang membuat akun Linkedin, mahasiswa juga bisa membuat akun Linkedin untuk mencari magang dan juga koneksi. Kalau kamu mau tahu lebih banyak mengenai dunia media terus ikuti website Yesternight.id agar tidak ketinggalan konten-konten menarik mengenai dunia multimedia.

Newsletter Yesternight.id selalu menyediakan artikel-artikel teruptodate mengenai dunia multimedia, serta tips dan trik dalam menggunakannya. Maka jangan lupa untuk subscribe newsletter Yesternight.id disini.

Langganan Artikel

Yuk berlangganan Newsletter Yesternight.id untuk mendapatkan informasi terbaru seputaran industri kreatif & multimedia, serta promo & informasi menarik ekslusif dari Yesternight.id

0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar