Awas Plagiat! 5 Plagiarism Checker untuk Orisinalitasmu

Salah satu langkah krusial dalam pengerjaan paper, skripsi, artikel, maupun bentuk tulisan lainnya adalah cek plagiarisme. Bukan sekadar untuk mencari-cari kesalahan, hal ini penting untuk menghindarkan diri sendiri dari kerugian tak terduga yang terdeteksi sebagai plagiarisme. Misalnya, kelupaan mencamtumkan sumber kutipan, atau terdapat penulisan yang mirip dengan milik penulis lain maupun milik sumber penulisan yang kamu ambil.

Plagiarisme sendiri merupakan penjiplakan atau pengambilan karangan, pendapat, dan sebagainya dari orang lain dan menjadikannya seolah karangan dan pendapat sendiri. Jika seseorang tertangkap dan terbukti melakukan plagiarisme, sanksinya bisa beragam sesuai ketentuan institusinya.

Nah, kamu tentu tidak mau kan, hanya gara-gara kesalahan kecil yang disebutkan di atas tulisanmu jadi dianggap plagiat? Berikut beberapa plagiarism checker yang bisa membantu menunjang orisinalitas tulisan kamu.

 

  1. DupliChecker.com

Image result for duplichecker

Website ini cukup mudah untuk dikunjungi. Kamu tinggal copy-paste teks di box yang tersedia, atau langsung mengunggah file kamu di kolom yang tersedia. Lalu, klik ‘Periksa Plagiarisme’ dan tunggu beberapa saat hingga selesai diperiksa.

Untuk layanan free-nya, DupliChecker membatasi 1.000 kata per pencarian. Sedangkan akun premiumnya bisa mencari hingga 10.000 kata per pencarian.

Selain cek plagiasi, DupliChecker juga menawarkan beberapa free tools lainnya untuk menganalisa teks, yaitu: fitur parafrase, grammar dan spell checker, text to speech, word counter, dan masih banyak lagi.

 

  1. Unicheck

Image result for unicheck

Yang satu ini cocok untuk pelajar, mahasiswa, juga pengajar. Caranya pun mudah dengan opsi copy-paste atau upload file.

Website ini menawarkan layanan berlangganan untuk yang ingin terus menggunakannya. Untuk versi free, Unicheck bisa mencari 200 kata per pencarian. Jadi untuk tulisan yang lumayan pendek, website ini adalah pilihan yang cocok dan gercep.

 

  1. Copyleaks

Website ini menawarkan 20 kali free scan per bulannya, dengan deteksi plagiarisme tidak lebih dari 10 halaman.

Selain itu, mereka memeberikan 2 opsi mode yang bisa dipilih pengunjungnya, yaitu mode akademik/edukasi untuk pelajar dan pengajar dan mode wirausaha/bisnis untuk pebisnis hingga blogger dan penulis. Jadi, situs ini cocok untuk semua kalangan.

 

  1. Grammarly

Image result for grammarly plagiarism checker

Selain grammar checking, Grammarly juga bisa cek plagiasi, lho. Awalnya fitur ini memang didesain untuk pelajar, namun sekarang fitur ini pun bisa dimanfaatkan oleh semua kalangan.

Mode gratisnya bisa memberikan laporan secara instan yang berisi plagiarisme yang terdeteksi, sekaligus kesalahan grammar dan lainnya dalam penulisanmu. Untuk mendapat informasi tentang referensi teks yang plagiat, mengkalkulasi skor keaslian teks kamu secara keseluruhannya, dan mendapat feedback serta koreksi yang lebih lengkap, kamu dapat mengakses akun premium Grammarly.

 

  1. Smallseotools

Image result for smallseotools plagiarism checker

Last but not least, situs yang satu ini bisa mendeteksi berbagai jenis file, mulai dari doc, PDF, hingga txt. Selain meng-upload file, kamu juga bisa memasukkan teks langsung ke dalam kolom yang tersedia di sana.

Seperti beberapa situs lainnya, Smallseotools mampu mendeteksi hingga 1.000 kata dengan mode gratisnya. Saat sudah terdeteksi seluruhnya, laporan hasil cek plagiarismenya juga akan tersedia dalam bentuk PDF untuk bisa kamu unduh.

 

Hari gini masih plagiat? Hmm, nggak banget deh. Dengan teknologi modern yang kita bisa nikmati hari ini, plagiarisme seharusnya bisa terhindari dengan optimal.

Mengutip ide orang lain sah-sah saja, asalkan kamu juga memberikan kredit untuk mereka dengan cara mencantumkannya di referensi dengan benar. Dengan begitu, kamu juga menghargai hasil pemikiran orang lain yang sudah berjasa kasih kamu ide tersebut.

Semoga bermanfaat! Stay aware, be original, and say no to copycat 😉

Cek juga artikel menarik kami tentang aplikasi lainnya di sini.

Yesternight.id menyediakan berbagai jasa yang pastinya akan membantu meringankan beban anda dalam bidang dokumentasi, manajemen sosial media dan desain. berlokasi di Palangka Raya Kalimantan Tengah, Indonesia, Yesternight.i menekuni berbagai bidang diantaranya, Produksi Video, Dokumentasi Event & Wedding, Desain Grafis, Optimisasi & Manajemen Social Media, serta Video & Photography produk.

Subscribe newsletter kami di sini untuk mendapatkan tips & perkembangan seputar Dunia Multimedia & Marketing gratis. Baca juga artikel-artikel lain di Artikel Yesternight.id dan jangan lupa follow sosial media Yesternight.id untuk informasi lainnya dan berita-berita terbaru.

 

Langganan Artikel

Yuk berlangganan Newsletter Yesternight.id untuk mendapatkan informasi terbaru seputaran industri kreatif & multimedia, serta promo & informasi menarik ekslusif dari Yesternight.id