8 Trik Fotografi Menggunakan Handphone

Sering insecure gara-gara hasil foto yang diambil gak sesuai ekspektasi yang dibayangkan. Ditambah foto-foto orang lain yang dibagikan di media social tuh sempurna banget. Ujung-ujungnya yang disalahin adalah smartphone alias HP yang dipake. Mungkin bukan HP kamu yang salah, tapi Teknik pengambilan foto menggunakan HP yang salah.

Untuk memaksimalakan hasil foto yang diambil dan biar kamu ga insecure lagi, yesternight.id akan mengupasnya dalam trik-trik di bawah ini:

Rule of Third

Rule of third adalah salah satu dasar dalam fotografi, yaitu komposisi yang membagi foto menjadi tiga bagian dan terdiri dari 9 kotak atau disebut grid. Jika dalam HP kamu belum otomatis menampilkan rule of third, kamu bisa menampilkannya dengan cara mengaktifkan gridlines di setiap HP yang kamu pakai. Manfaat menggunakan gridlines ini adalah agar fokus foto terlatak di sepanjang garis sehingga dapat menghasilkan foto yang lebih bagus.

Sumber: Lisa Fotios

 

Posisi Tangan Harus Kokoh dan Tidak Tremor Atau Bergerak-Gerak

Ketika mengambil gambar menggunakan HP, biasanya tangan bergerak-gerak karena menopang HP yang bentuknya kecil. Hal ini mengakibatkan hasil foto blur dan goyang. Hal yang bisa dilakukan untuk mengurangi tremor adalah dengan menghimpitkan dua tangan dengan badan atau menggunakan tripod. Baca juga https://www.alodokter.com/tremor

Memilih Waktu yang Tepat

Memilih waktu yang tepat untuk mengambil foto agar dapat memanfaatkan cahaya alami dari matahari. Waktu yang tepat untuk mengambil foto pada saat golden hour Golden Hour atau Magic Hour Dalam Fotografi (belfot.com) pada saat jam 05.00-07.00 pagi dan jam 17.00-19.00. menggunakan cahaya alami sebaiknya mengambil foto dari arah datangnya cahaya sehingga tidak akan menghasilkan foto yang backlight. Baca juga Teknik Dasar Lighting dalam Pengambilan Film | Yesternight.ID

Memaksimalkan Pengaturan di HP/ Smartphone

Setiap HP/ smartphone memiliki pengaturan kamera yang berbeda-beda, namun setidaknya perhatikan beberapa hal diantaranya adalah exposure, white balance, dan ISO. Kamu bisa mengaturnya dengan mempertimbangkan kondisi  pencahayaan alami, di dalam atau luar ruangan, dan lain sebagainya.

Sumber: Daria Shevtsova

Mengambil Angle atau Sudut Pandang yang Tepat

Mengambil angle atau sudut pandang yang tepat akan mengakibatkan foto yang kamu ambil lebih bagus hasilnya. Mengambil foto tidak melulu harus tepat di depan objek foto, namun bisa juga mengambilnya dari arah samping, atas, ataupun bawah

Menggunakan Burst Mode

Burst mode merupakan Teknik mengambil foto yang memungkinkan pengambilan gambar bergerak secara berurutan. Teknih burst mode ini cocok dipakai dalam memotret acara-acara olahraga namun tidak hanya terbatas pada acara-cara tersebut, lebih luas lagi seperti foto jalanan, foto air bergerak, dan lain sebagainya. Baca juga Otak-Atik Burst Mode, Skill Fotografi Buat Jepretanmu Terlihat Makin Kece (kreativv.com) Burst mode lebih baik digunakan di tempat yang banyak cahaya dibandingkan dengan tempat yang minim cahaya. Hal ini mengakibatkan perolehan gambar yang tajam.

Pastikan Lensa Kamera Bersih

Hal ini merupakan hal yang sangat mendasar dan sangat penting Ketika mengambil foto menggunakan HP. Jika Teknik lainnya sudah digunakan namun lensa kamera kotor, tidak akan menghasilkan foto yang bagus. Jadi pastikan selalu membersihkan lensa kamera setiap akan mengambil foto. Membersihkan lensa kamera dapat menggunakan kain yang bersih dan pastinya aman untuk lensa

Menghindari Penggunaan Mode Zoom

Jika posisi objek foto berada jauh, maka lebih baik tidak menggunakan zoom karena penggunaan zoom akan merusak foto yaitu foto akan pecah, ketajamannya kurang, dan akan memberikan kesan foto yang jelek. Jadi lebih baik mendekati objek foto daripada menggunakan mode zoom.

Gimana, udah punya pencerahan gimana caranya ngambil foto pake HP? Segera coba dan buktikan hasilnya!

Yesternight.id merupakan penyedia berbagai jasa yang akan membantu meringankan beban kamu dalam bidang dokumentasi, manajemen sosial media dan desain. berlokasi di Palangka Raya Kalimantan Tengah, Indonesia, Yesternight.id menekuni berbagai bidang diantaranya, Produksi Video, Dokumentasi Event & Wedding, Desain Grafis, Optimisasi & Manajemen Social Media, serta Video & Photography produk.

Subscribe newsletter kami di sini untuk mendapatkan tips & perkembangan seputar Dunia Multimedia & Marketing gratis. Baca juga artikel-artikel lain di Artikel Yesternight.id dan jangan lupa follow sosial media Yesternight.id untuk informasi lainnya dan berita-berita terbaru.

Langganan Artikel

Yuk berlangganan Newsletter Yesternight.id untuk mendapatkan informasi terbaru seputaran industri kreatif & multimedia, serta promo & informasi menarik ekslusif dari Yesternight.id

0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar