5 Alternatif Presentation Maker Terbaik Masa Kini

Salah satu elemen penting dalam presentasi adalah slide presentasi itu sendiri. Slide akan membantu kita dalam menyampaikan presentasi dengan menampilkan poin-poin penting di dalamnya, sehingga audiens dapat mengerti lebih mudah tentang apa yang kita coba sampaikan.

Nah, karena perannya yang penting tersebut, agar mudah dimengerti dan tidak membosankan, desain dari slide sepatutnya dibuat menarik. Sehingga, selain memberikan informasi dengan baik, slide yang baik dan menarik pun dapat mempertahankan perhatian dari audiens yang melihatnya.

Selain PowerPoint, kini ada beberapa aplikasi desktop terbaru dan canggih untuk mendesain slide presentasimu agar tidak membosankan dan gitu-gitu aja. Check them out!

 

  1. Google Slides

Mungkin aplikasi satu ini sudah cukup familiar, ya. Terutama di masa pandemi ini, saat semua pekerjaan maupun pembelajaran menjadi serba remote (jarak jauh) dan tidak bisa bertemu untuk bekera berkelompok secara langsung.

Dengan fitur ‘kerja nimbrung’-nya GSlides, orang-orang yang punya akun Google pun bisa mengakses dan berkolaborasi sekaligus untuk membuat slide presentasi, misalnya untuk keperluan kerja kelompok. Jadi, hanya perlu online dan tidak perlu bertemu.

Selebihnya, fitur-fitur di dalamnya mirip dengan PowerPoint, sehingga pasti mudah dan tidak perlu waktu lama untuk mempelajari cara penggunaannya. Meskipun layout dan desain yang tersedia di GSlides terbatas, masih cocok kok untuk dicoba, apalagi jika ingin yang simple dan gercep.

 

  1. Visme

App yang satu ini cocok untuk yang skill desainnya tidak terlalu mumpuni. Fitur yang dimilikinya bisa membuat desain presentasi, infografik, hingga grafis media sosial kita kece badai bak hasil milik desainer pro.

Aset-aset lainnya dalam Visme, antara lain stock photography, ikon vectors, pengaturan visualisasi data, berbagai jenis font gratis, hingga preset warna tema.

Tentunya, Visme juga punya template dan tema dengan berbagai macam layout yang bisa kita pilih. Cara editing-nya pun sangat mudah, hanya dengan drag-and-drop ikon yang ingin kamu gunakan.

Selain itu, ada juga opsi hyperlink, video embed, serta audio upload dan fitur recording.

Hasil slide buatanmu nantinya bisa ditampilkan secara online, maupun offline dengan mengunduhnya dahulu dalam bentuk PDF, HTML5, ataupun PPTX. Kolaborasi online dengan member grup juga bisa dilakukan di app ini.

Video panduan penggunaan Visme selengkapnya dapat kamu saksikan juga di sini.

 

  1. Prezi

Ini adalah salah satu aplikasi presentasi terunik. Prezi memiliki kemampuaan untuk membuat presentasi yang non-linear, di mana transisi slide-nya berupa efek pan dan zoom. Kelebihan tersebut bisa membuat presentasi menjadi menyenangkan dan menarik untuk terus diikuti oleh audiens.

Image result for prezi

Anda bisa cek juga video contoh presentasi Prezi di sini.

Prezi hanya bisa membuat presentasi non-linear, sehingga cocok untuk digunakan untuk konsep presentasi non-linear saja. Kita juga perlu ekstra kreatif dan strategis dalam membuatnya, karena jika berlebihan tampilan presentasi yang demikian bisa membuat audiens bingung untuk mengikutinya.

 

  1. Canva

Image result for canva presentation

Canva lebih dikenal sebagai software desain grafis, jadi sangat jarang dimanfaatkan untuk membuat presentasi. Ternyata, slide presentasi pun bisa dibuat di sini.

Aplikasi ini menyediakan banyak template dan tema, serta elemen grafis lainnya seperti foto, shapes, dan ikon lainnya yang cocok untuk melengkapi slide presentasi.

Hanya saja, karena focus utamanya adalah desain grafis, Canva belum menyediakan fitur animasi atau transisi.

 

  1. Slidebean

Aplikasi yang satu ini melabeli dirinya sebagai pembuat presentasi berbasis AI (artificial intelligence/kecerdasan buatan) yang mengacu pada simulasi kecerdasan manusia dalam mesin yang deprogram untuk berpikir seperti manusia.

Selain itu, Slidebean juga berbasis cloud sehingga penggunanya bisa berkolaborasi dengan anggota tim lainnya dalam membuat slide presentasi.

Cara kerjanya adalah dengan memasukkan konten yang ingin dijadikan presentasi ke dalam box teks yang tersedia. Kemudian, Slidebean akan secara otomatis mendesainnya hingga menjasi sebuar presentasi. Kita bisa pilih-pilih template sesuai dengan yang kita inginkan.

Meskipun pilihan template-nya baru beberapa, pilihan yang ada tetap menarik dan modern. Hal ini disebabkan oleh karena fokus  semula dari Slidebean adalah untuk presentasi start-up dan entrepreneur.

 

Nah, itu tadi beberapa alternative aplikasi terbaik yang bisa kamu gunakan untuk desain presentasi yang modern dan keren. Semoga bermanfaat 🙂 selamat mencoba!

Artikel selengkapnya oleh Chloe West bisa Anda klik di sini. Kami juga menyediakan artikel menarik lainnya tentang tips dan trik serta hacks dalam aplikasi-aplikasi menarik lainnya yang bisa kamu klik di sini.

 

Yesternight.id menyediakan berbagai jasa yang pastinya akan membantu meringankan beban anda dalam bidang dokumentasi, manajemen sosial media dan desain. berlokasi di Palangka Raya Kalimantan Tengah, Indonesia, Yesternight.i menekuni berbagai bidang diantaranya, Produksi Video, Dokumentasi Event & Wedding, Desain Grafis, Optimisasi & Manajemen Social Media, serta Video & Photography produk.

Subscribe newsletter kami di sini untuk mendapatkan tips & perkembangan seputar Dunia Multimedia & Marketing gratis. Baca juga artikel-artikel lain di Artikel Yesternight.id dan jangan lupa follow sosial media Yesternight.id untuk informasi lainnya dan berita-berita terbaru.

Langganan Artikel

Yuk berlangganan Newsletter Yesternight.id untuk mendapatkan informasi terbaru seputaran industri kreatif & multimedia, serta promo & informasi menarik ekslusif dari Yesternight.id

0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar