Serba-serbi Jurusan Animasi: Beda sama DKV?

Kamu udah tau belum kalo di tingkat perguruan tinggi ada jurusan animasi? Mungkin agak asing terdengar karena biasanya jurusan yang terkait dengan animasi masuk ke jurusan TV film atau Desain Komunikasi Visual (DKV) kan?. Sebenernya ketiga jurusan tersebut berbeda loh! Mungkin ada kesamaannya atau bahkan beberapa perguruan tinggi menyediakan satu jurusan yang melingkupi ketiga hal tersebut.

Nah untuk mengetahui lebih lanjut bagaimana sebenarnya jurusan animasi ini, Yesternight.id akan mengupasnya khusus untuk kamu. Jadi pastikan kamu membacanya sampai habis ya!

Jurusan Animasi

Jurusan animasi merupakan jurusan kuliah yang mempelajari atau berada di bidang produksi film ataupun TV. Jurusan ini terbagi menjadi dua keahlian spesifik yaitu animasi film dan animasi game. Di jurusan ini kamu akan banyak mempelajari teknik pengambilan gambar berurut sehingga pada akhirnya akan menghasilkan ilusi gerakan atau biasa disebut dengan motion.

Baca juga: [LENGKAP] Jurusan Animasi: Info Kuliah dan Prospek Kerja (edukasystem.com)

 

sumber: Pexels

Bedanya Sama Jurusan DKV

Seperti yang udah disinggung sebelumnya bahwa jurusan animasi ini kerap dianggap sebagai jurusan yang berada di bawah TV film ataupun DKV. Memang benar ada beberapa perguruan tinggi yang menggabungnya menjadi satu jurusan namun banyak juga yang menganggapnya berbeda sehingga menjadi satu jurusan yang berdiri sendiri.

Jurusan animasi dan DKV secara mendasar sebetulnya berbeda. DKV mempelajari pembuatan desain yang kreatif, fotografi, animasi, ilustrasi, bahkan manajemen dan marketing untuk memahami pasar konsumen.

Di jurusan DKV biasanya ada konsentrasi bidang tersendiri seperti DKV new media, DKV creative advertising, DKV animasi, dan lain sebagainya. Konsentrasi tersebut mempelajari hal yang berbeda-beda seperti mempelajari metode reproduksi grafika, membuat script writing, screenpaly, dan lain sebagainya.

Sementara jurusan animasi itu ada kategorinya seperti animasi 2D, 3D, animasi film,  animasi dalam game, dan masih banyak lagi. Nah jadi jurusan animasi dan DKV memang ada persamaan dan hubungannya namun ada perbedaannya juga. Jadi pastikan kamu jangan salah menilai lagi ya!

Lihat juga: Hal-Hal yang Harus Kamu Persiapkan Sebelum Masuk Jurusan Animasi | Rencanamu

sumber: PixAbay

Apa Saja Yang Harus Dimiliki oleh Jurusan Animasi?

Nah sebelum kamu memutuskan untuk masuk ke jurusan animasi, kamu harus dapat mempersiapkan beberapa hal seperti:

  • Gak usah jago gambar tapi seengganya kamu bisa gambar. Hal ini karena banyak mata kuliah yang berhubungan dengan menggambar. Buat kamu yang belum bisa menggambar, tenang aja karena teknik menggambar bisa dilatih. So, pelajari dari sekarang dan jangan males ya!
  • Memiliki kreativitas karena pada perjalananya kamu akan menciptakan sesuatu seperti karakter lengkap dengan warna, bentuk, dsb yang menarik dan unik
  • Kamu juga harus teliti karena kamu akan dihadapkan pada project untuk membuat karya animasi dengan waktu yang gak sedikit. Oleh sebab itu kamu harus teliti demi terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan
  • Kamu juga harus mempunyai kemampuan dalam menyampaikan pesan karena animasi bukan menyangkut gambar saja namun lebih dari itu memiliki nilai pesan dari masing-masing animasi.

Baca juga: Hal yang Dipelajari Jurusan Perfilman, 8 Hal Ini Wajib Kamu Ketahui | Yesternight.ID

Prospek Kerja di Jurusan Animasi

Terus kalo kamu ngambil jurusan ini, apa aja sih prospek kerja dari jurusan ini? Jawabannya adalah kamu bisa menjadi animator dan seniman multimedia, desainer visual efek, desainer video game, talent director, penerbit digital, dan lain sebagainya.

Jangan salah lagi kalau memang prospek kerja jurusan animasi ini sangat menggiurkan mulai dari pendapatan yang besar, kerja sambil hobi, dan lain sebagainya.

Nah itu dia serba-serbi terkait dengan jurusan animasi. Tertarik untuk masuk ke jurusan ini? Pastikan kamu persipkan hal-hal yang bisa menunjang pendidikan di jurusan ini ya!

 

Yesternight.id merupakan penyedia berbagai jasa yang akan membantu meringankan beban kamu dalam bidang dokumentasi, manajemen sosial media dan desain. berlokasi di Palangka Raya Kalimantan Tengah, Indonesia, Yesternight.id menekuni berbagai bidang diantaranya Produksi Video, Dokumentasi Event & Wedding, Desain Grafis, Optimasi & Manajemen Social Media, serta Video & Photography produk.

Subscribe newsletter kami di sini untuk mendapatkan tips & perkembangan seputar Dunia Multimedia & Marketing gratis. Baca juga artikel-artikel lain di Artikel Yesternight.id dan jangan lupa follow sosial media Yesternight.id untuk informasi lainnya dan berita-berita terbaru.

Langganan Artikel

Yuk berlangganan Newsletter Yesternight.id untuk mendapatkan informasi terbaru seputaran industri kreatif & multimedia, serta promo & informasi menarik ekslusif dari Yesternight.id

0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar