Animaker vs Powtoon : Software Video Presentasi

Bagi kamu yang sedang kuliah atau sekolah daring pasti kamu tidak asing dengan yang namanya tugas video presentasi.

Yap tugas yang paling nyebelin yang dapat diberikan oleh guru. Sebagai siswa yah pasti kita mau tidak mau harus memenuhi kewajiban dalam membuat tugas tersebut. Tetapi sulit membuat video presentasi yang menarik, dan juga waktu yang dibutuhkan untuk mengedit video demi video kamu membawakan materi itu membutuhkan waktu yang lama banget, sudah itu pasti capek menatap laptop terus.

 

Di artikel ini, Yesternight.id ingin memperkenalkan sebuah software yang bisa membantu kamu dalam dilema kamu tentang tugas video presentasi. Sudah cepat, mudah dan downloadnya juga mudah, dan psst pastinya guru kamu juga pasti senang dengan presentasi kamu. Sudah itu tidak perlu menghabiskan waktu lama untuk mengedit video secara manual. Yaps, aplikasi ini adalah Animaker dan Powtoon.

Animaker dan Powtoon memiliki kesamaan dalam menghasilkan video dengan menggunakan bentuk animasi yang bisa gerak-gerak dalamnya. Unik kan. Nah selanjutnya, Yesternight.id akan memaparkan detail-detail mengenai Powtoon dan Animaker

 

Animaker

Animaker dapat kamu akses dengan hanya mengetik Animaker di google search bar dan kamu langsung dapat menemukan website. Animaker adalah software yang digunakan oleh lebih dari 8 juta pengguna dapat membuat video berkualitas 4K yang bisa digunakan marketing, branding, atau konsep yang kompleks dalam hitungan menit.

sumber : Animaker.com

Mengenai animaker, banyak video tutorial yang dapat kamu tonton di youtube mengenai bagaimana membawa konsep video menjadi next-level. Video tutorial ini bahkan ada meskipun software animaker sendiri itu sangat mudah digunakan. Dan tahu lagi apa yang menarik, software ini gratis….

Berbagai fitur yang ditawarkan oleh Animaker termasuk, pembuatan animasi dan transisi, bisa masukkan audio suara kamu, bisa kerja sama secara online bersama, template yang dapat kamu ganti-ganti seenak doi mengghosting kamu, dan banyak lagi.

Sumber : Youtube

Bila kamu telah memiliki video yang ingin kamu gabung dengan bentuk konten animasi, Animaker juga menyediakan fitur video content yang membuat kamu bisa memasukkan video kamu di transisi video animasi. Animaker juga tidak banyak cerewet soal kategori format file audio atau video yang ingin kamu masukkan, contohnya untuk memasukkan file audio kamu dapat memasukkan file dengan format .m4a ataupun mp3.

Powtoon

Powtoon ini dapat dibilang sebagai senior dari Animaker, lebih banyak digunakan untuk tingkatan profesional seperti Fortune 500, pebisnis, organisasi non-profit dan lainnya. Sama seperti Animaker, Powtoon cenderung mudah untuk digunakan tetapi jika kamu ingin membuat video yang lebih top dari animasi biasa, itu prosesnya sedikit sulit tetapi kamu masih dapat mempelajari dan menguasainya dengan baik.

Sumber : Google

Powtoon memiliki keunggulan dibandingkan Animaker dalam menawarkan bentuk animasi 3D, yang pastinya lebih menarik daripada animasi biasa. Selain animasi 3D, fitur lain yang ditawarkan oleh Powtoon adalah animasi & transisi, konten audio suara yang dapat dimasukkan ke video, fitur untuk kerja bersama video secara online, template video siap jadi yang tinggal kamu edit-edit, bisa mempresentasi secara offline, bisa screen sharing langsung dari website, dan pastinya juga kamu bisa memasukkan video jadi kamu ke template video di Powtoon.

Sumber : Youtube

Powtoon cenderung mudah dan fleksibel untuk digunakan, juga gratis hingga beberapa fitur tertentu. Keduanya, Powtoon dan Animaker memiliki versi premium dari softwarenya yang pastinya menawarkan lebih banyak konten animasi yang bisa kamu masukkan kedalam video kamu, dan juga ketika kamu join premium, kamu dapat menghilangkan logo watermark software di pojok video kamu. Selain dari kedua software ini, masih banyak software presentation yang dapat kamu baca selengkapnya disini.

Bila ditanya yang mana lebih baik, tidak ada sebenarnya, itu tergantung bagaimana pengguna bisa memanfaatkan potensi terbesar dari setiap software. Biasanya Animaker lebih banyak digunakan untuk projek-projek video level sekolah/universitas agar dapat menyuguhkan media presentasi yang baru dan segar. Powtoon sendiri lebih banyak digunakan di dunia profesional. Video-video ini bahkan dapat kamu gunakan sebagai video untuk marketing, selengkapnya baca disini.

Gimana nih? Informasi yang tadi bermanfaatkan? Ingin informasi dan berita teruptodate lainnya, kuy subscribe di newsletternya Yesternight.id. agar kamu ngga ketinggalan konten artikel menarik dan bermanfaat.

 

Langganan Artikel

Yuk berlangganan Newsletter Yesternight.id untuk mendapatkan informasi terbaru seputaran industri kreatif & multimedia, serta promo & informasi menarik ekslusif dari Yesternight.id

0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar