5 Software Animasi untuk Pemula dalam Peranimasian

Di waktu sekarang ini sudah langka, anda dapat menemukan animator yang menggambar animasi dengan manual. Itu karena fungsi ini bisa dilakukan melalui software yang disebabkan dengan adanya perkembangan teknologi.  Bahkan kamu juga dapat menggunakan animasi sebagai media promosi, selengkapnya baca disini.

Jika kamu adalah seorang pemula dan memiliki batasan budget dalam melakukan animasi, ada banyak software animasi gratis yang dapat kamu coba. Dibawah ini kita akan membahas 5 software animasi – yang gratis maupun yang berbayar.

1.Autodesk Maya

Sumber: Google

Untuk kamu para pengguna Windows, Mac OS dan bahkan Linux dapat menggunakan software ini. Tahukah kamu? Bahwa software animasi ini yang digunakan oleh studio Walt Disney. Untuk para profesional dalam bidang animasi dan studio animasi. Autodesk Maya merupakan software standar yang digunakan dalam industri. Software animasi 3D ini ideal untuk melakukan kreasi karakter, modeling, simulasi, motion graphics, dan lainnya. Beberapa contoh film keluaran Disney yang menggunakan software ini adalah Finding Nemo, Monster Inc (ini punya Pixar), dan lainnya.

2. Adobe Animate

Joseph Labrecque : DVDs & Video Courses

Sumber : Tumblr

Bisa digunakan pada Windows, dan Mac OS, adobe animate adalah software animasi yang dapat kamu gunakan untuk membuat karakter animasi sederhana dan juga mudah digunakan. Kalau tadi Autodesk Maya itu software animasi 3D, Adobe Animate adalah software animasi 2D. Bagi kamu yang lebih menyukai gaya animasi 2D, software ini bisa menjadi pilihan yang tepat karena dalam software ini, kamu difasilitasi dengan menggunakan beberapa teknik yang berbeda, seperti animasi puppet, yang kamu buat dapat tanpa harus menggambar ulang lagi karakter yang kamu ingin animasikan. Kamu bahkan dapat mengimport karakter yang kam buat dari alat ilustrasi lain dan kamu animasikan melalui software ini. Acara seperti My Little Pony menggunakan software animasi ini. Yuk, bagi kamu yang lebih suka animasi 2D, pelajari lebih lanjut disini.

3. Cinema 4D

Maxon intros Cinema 4D R21, consolidates versions into one offering -  postPerspective

Sumber: Tumblr

Bisa digunakan pada Windows dan Mac OS, Cinema 4D adalah software animasi 3D yang ideal untuk animator dari pemula hinggga level pro. Selain untuk animasi, kamu juga dapat menggunakan app ini untuk mengatur modeling, pencahayaan, tekstur, efek visual, dan lainnya. Bahkan fitur terbaru dari software ini adalah dapat melakukan intuitive interface, yaitu kau dapat mengatur layout sesuai kemauan kamu.

4. Toon Boom Harmony

Bisa digunakan di Windows, Mac OS dan Linux. Toon Boom Harmony adalah satu lagi software animasi 2D. Kamu dapat menggunakannya untuk melakukan frame-by-frame animation. Jika kamu menggambar sendiri animasi kamu menggunakan tangan, software ini sangat direkomendasikan karena menawarkan tools yang unik yang dapat menscanning gambar kamu dan membersihkan sudut-sudut yang tidak kamu inginkan dengan mudah. Software ini cocok untuk digunakan oleh pemula, bahkan studio besar juga menggunakan software ini, seperti kartun Spongebob Squarepants, Family Guy, dan lainnya.

Family Guy Peter Griffin Toon Boom Studio Animation Test - YouTube

Sumber: Youtube

5. Houdini

Jika kamu udah dari noob menjadi cukup pro, kamu mungkin pindah ka software ini. dapat digunakan di Windows, Mac OS, dan Linux. Software ini telah banyak digunakan untuk membuat film seperti Frozen, Zootopia dan lainnya. Fitur spesial dari Houdini adalah procedural workflow yang mengeneratfkan animasi di waktu yang nyata. Fitur ini digunakan untuk mensimulasi objek seperti asap, api, air, rambut, bulu dan paaian. Fitur ini membuat animator dapat membuat efek realistik terhadap animasinya.

SideFX Announces 50% off Promotion on Houdini Core - article | CGSociety

Sumber : CGSociety

Fitur unik lain yang ada di Houdini adalah nodes-based workflow, dimana setiap aksi animasi disimpan disebuah node. Node ini kemudian dapat diatur ulang dan disesuaikan untuk memperindah produk final. Fitur ini menyediakan fleksibilitas dan juga budget-efektif dalam pengeditan akhir. Meskipun dengan banyak fitur yang sangat bagus, Houdini cenderung mudah digunakan, hal ini berkontribusi pada kepopulerannya diantara software animasi lainnya.

Gimana teman-teman future animators? Kira-kira software mana yang paling menarik menurut kamu? Untuk mengetahui info-info yang lebih lengkap mengenai dunia animasi dan softwarenya kamu dapat subscribe newsletter Yesternight.id. Kamu dapat memperoleh informasi terbaru dan terkini mengenai topik seperti animasi, fotografi, sinematografi dan bahkan juga mengenai topik marketing.

Langganan Artikel

Yuk berlangganan Newsletter Yesternight.id untuk mendapatkan informasi terbaru seputaran industri kreatif & multimedia, serta promo & informasi menarik ekslusif dari Yesternight.id