Cara Membuat Video Ads yang Efektif dan Berkualitas

Salah satu cara beriklan adalah dengan video ads atau iklan video.

Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebelum memulai bikin video ads. Pertama, kamu harus tahu dan kenal dengan baik siapa target audiens-mu. Cari tahu tentang usia, gender, pendapatan, hingga interests atau apa yang mereka sukai.

Kedua, kamu harus dengan jelas tahu masalah apa yang ingin kamu atasi dengan produk atau layanan yang kamu jual. Dengan begitu, kamu bisa dengan jelas juga menawarkan dan mempromosikan jualanmu kepada target audiens.

Lalu, kamu juga harus tahu bagaimana kamu bisa menjangkau target audiensmu. Misalnya, target audiensmu adalah pengguna media sosial; maka, kamu melakukan promosi dan marketing di media sosial agar bisa mencapai mereka.

Jika kamu melakukan marketing di media sosial, perhatikan durasi serta frame size yang sesuai di media sosial tersebut. Misalnya, untuk Instagram dan Facebook kamu bisa pakai ukuran square (1×1), dan untuk YouTube sekitat 16×9. Durasinya harus kamu pertimbangkan dengan matang agar penyampaiannya efektif, singkat-padat-jelas.

Nah, sekarang kita sampai ke formula pembuatan video ads-nya. Ada 6 poin simple yang bisa kamu perhatikan dan tentunya mudah untuk diterapkan.

 

  1. Tunjukan empati dengan mengatasi masalah

Kamu harus bisa menunjukan dan meyakinkan target audiensmu jika kamu bisa membantu mereka menyelesaikan dan mengatasi masalah dengan produk atau layananmu.

Contohnya, kamu ingin menjual pisau cukur. Masalah yang dihadapi saat menggunakan pisau cukur biasanya adalah bekasnya di kulit yang terasa kasar, pedih, dan lainnya setelah mencukur. Nah, kamu harus meyakinkan audiens jika pisau cukurmu tidak akan meninggalkan rasa yang tidak enak tadi, melainkan memberikan rasa nyaman setelah mencukur.

 

  1. Manfaatkan emosi dan perasaan

Selain menunjukan empati terhadap target audiens, kamu juga bisa bermain di emosi dan perasaan. Maksudnya adalah kamu harus meyakinkan target audiens bahwa mereka akan merasakan feeling tertentu dengan menggunakan produk atau layananmu.

Misalnya, kamu ingin menunjukan penggunaan produk/layananmu bisa bikin merasa happy, tenang, relax, bersemangat, tersentuh, dll.

Tips basic untuk ini yang kamu bisa lakukan adalah dengan menampilkan orang-orang yang happy (misalnya sambil menari, menyanyi, atau kegiatan lainnya) dan mengaitkannya dengan produk/layanan yang kamu tawarkan.

Group of People Having Fun Together Under the Sun

 

  1. Fokus pada manfaat, bukan fitur

Kebanyakan orang nggak begitu peduli atau ngerti tentang inovasi dalan produk atau layanan yang kamu jual. Yang orang mau tahu dan mudah pahami adalah bagaimana suatu produk atau layanan tsb bisa membantu menghadapi masalah dan kehidupan mereka sehari-hari menjadi lebih baik atau lebih mudah.

Contohnya, pisau cukur tadi, kamu hanya perlu menekankan bahwa pisau cukurmu 100 kali lebih tajam dengan hasil 100 kali lebih mulus tanpa meninggalkan bekas, goresan,dan lainnya.

 

  1. Konsep yang jelas dan tidak abstrak

Kunci video ads yang baik adalah iklan yang berbicara ke target audiens. Apa yang ingin kamu pasarkan harus tersampaikan dengan jelas seluruhnya di dalam video ads-mu.

Kamu nggak begitu perlu koar-koar dengan kata-kata inspiratif berlebihan tentang kreatifitasmu karena kamu nggak sedang ikut global campaign. Yang terpenting adalah kamu harus secara langsung bisa ‘menembak’ masalah yang mereka hadapi serta emosi atau perasaan yang mereka cari.

Jadi, pesan-pesan dalam video ads-mu haruslah padat, jelas, dan real.

 

  1. Gunakan call to action yang jelas

10 brilliant examples of calls to action | Econsultancy

Pastikan call to action di bagian paling akhir video ads kamu jelas dan tegas. Jangan menyia-nyiakan engagement yang sudah tercipta dari awal video.

Contohnya, “Belanja sekarang”, “Book tiketmu sekarang”, dan sebagainya.

 

  1. Sesuaikan dengan platform promosi

Kamu harus bisa menyesuaikan video ads-mu di platform yang ingin kamu promosikan. Misalnya, video dengan frame square kurang cocok untuk nangkring di YouTube, tapi pas untuk ditaruh di Facebook atau Instagram.

Video ads yang formal juga rasanya kurang cocok untuk dipromosikan di Facebook atau Instagram, tapi di LinkedIn mungkin akan lebih cocok.

 

Nah, itu tadi langkah-langkah esensial yang bisa kamu ikuti untuk memproduksi video ads yang berkualitas. Semoga bermanfaat!

Kamu bisa cek versi full video dari artikel ini dengan klik di tautan ini. Cek juga artikel lainnya dari kamu tentang advertising dan marketing di sini.

 

Yesternight.id menyediakan berbagai jasa yang pastinya akan membantu meringankan beban anda dalam bidang dokumentasi, manajemen sosial media dan desain. berlokasi di Palangka Raya Kalimantan Tengah, Indonesia, Yesternight.i menekuni berbagai bidang diantaranya, Produksi Video, Dokumentasi Event & Wedding, Desain Grafis, Optimisasi & Manajemen Social Media, serta Video & Photography produk.

Subscribe newsletter kami di sini untuk mendapatkan tips & perkembangan seputar Dunia Multimedia & Marketing gratis. Baca juga artikel-artikel lain di Artikel Yesternight.id dan jangan lupa follow sosial media Yesternight.id untuk informasi lainnya dan berita-berita terbaru.

Langganan Artikel

Yuk berlangganan Newsletter Yesternight.id untuk mendapatkan informasi terbaru seputaran industri kreatif & multimedia, serta promo & informasi menarik ekslusif dari Yesternight.id