Tips Produksi Iklan yang Efektif

Iklan sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Entah melalui televisi, radio, media sosial, bahkan di jalan saat bepergian pun pasti ada saja iklan yang kita temukan. Kini bahkan beberapa program televise ataupun video blog di youtube selalu menyisipkan iklan menjadi bagian dari naskah. Beberapa iklan tersebut memang tidak menarik dan mengganggu, tapi tidak jarang juga muncul iklan yang bagus dan membuat kita berdecak kagum.  Lalu bagaimanakah cara memproduksi iklan yang tidak akan diskip oleh orang-orang? Simak artikel dari Yesternight.id ini ya kawan-kawan!

Ketahui target pasar

Iklan yang baik adalah iklan yang dibuat sesuai dengan target pasar atau target pembeli. Jangan sampai misal target pasar dari produkmu adalah remaja tapi iklan yang kamu produksi malah lebih cocok untuk orang dewasa. Iklan yang seperti ini akan membingungkan calon konsumen dan penjualanmu tidak akan meningkat. Jika diperlukan, lakukan riset untuk mencari tahu soal profil target konsumen dan hal-hal yang mereka suka. Riset ini nantinya akan membantu kamu untuk membuat iklan yang efektif.

Perhatikan konten tren iklan

Sama seperti fotografi, tren iklan juga berganti setiap tahunnya. Jika ingin iklanmu dilirik dan produkmu jadi laris manis, coba perhatikan jenis iklan seperti apa yang sedang tren. Kamu bisa mendapatkan ide dari iklan yang ada di billboard di jalan, iklan yang muncul di televisi, juga video iklan dan promosi yang ada di media sosial. Contohnya sejak tahun 2020 lalu, iklan video dengan konsep unboxing dan review singkat sedang naik daun di platform TikTok. Beberapa penjual juga mengaku tingkat penjualan mereka naik drastis setelah menggunakan strategi dan konten seperti itu.

Kembangkan kreativitas

Jangan sampai kehabisan ide! Menilik dari konten unboxing yang tren, dapat disimpulkan bahwa saat ini pasar menyukai konten iklan yang dapat menghibur. Iklan akan menjadi sangat menarik apabila dapat menghibur dan mengedukasi orang-orang yang sedang beristirahat dari kegiatan sehari-hari. Selalu perhatikan hal-hal kecil yang ada di sekitarmu ketika akan mengembangkan ide.

Pilih platform yang tepat

Sesuaikan platform dengan image perusahaan dan juga target pasar. Jika kamu salah memilih platform, maka iklan yang kamu hasilkan tidak akan mencapai target konsumen meskipun iklannya sudah bagus dan efektif.

Tekankan pada manfaat bukan fitur

Ketika mengiklankan suatu produk usahakanlah untuk menjabarkan manfaat apa saja yang akan didapatkan orang ketika membelinya. Jangan hanya memberi tahu fitur-fitur apa saja yang ada dalam produkmu. Contohnya, ketika kamu menjual sebuah pulpen katakanlah pulpen tersebut kokoh dan ringan sehingga orang tidak akan kelelahan ketika harus menulis terlalu banyak.

Beri alasan agar konsumen membeli produkmu

Kamu bisa membuat program diskon khusus atau membuat produk terbatas sehingga orang-orang merasa harus membeli produkmu saat itu juga. Kamu juga bisa memasukkan testimonial dari konsumen terdahulu agar calon pembeli semakin yakin untuk membeli produkmu.

Gunakan jasa produksi iklan

Jika kamu kebingungan dan merasa bahwa kamu tidak cukup capable untuk membuat iklan yang kreatif dan menarik, kamu bisa menggunakan jasa produksi iklan. Dari dulu hingga saat ini, jasa produksi iklan menjadi solusi yang digunakan perusahaan besar maupun pebisnis kecil untuk meningkatkan penjualan mereka. Hasil iklan yang diproduksi tentu akan sesuai dengan permintaan dan keinginan kamu. Kamu bisa mendiskusikan perihal target pasar dan hasil seperti apa yang kamu inginkan lalu nanti jasa pembuat iklan akan memproduksi iklan sesuai dengan hasil diskusi. Salah satu agensi yang menawarkan jasa pembuatan iklan adalah Yesternight.ID yang sudah berpengalaman dan memiliki banyak testimonial sehingga tidak perlu diragukan lagi kualitasnya

Itu dia hal-hal penting yang harus diperhatikan ketika membuat iklan agar penjualanmu bisa meningkat. Jangan mudah menyerah dan terus tingkatkan kreativitasmu ya!

Yesternight.id menyediakan berbagai jasa yang pastinya akan membantu meringankan beban anda dalam bidang dokumentasi, manajemen sosial media dan desain. Berlokasi di Palangka Raya Kalimantan Tengah, Indonesia, Yesternight.id menekuni berbagai bidang diantaranya, Produksi Video, Dokumentasi Event & Wedding, Desain Grafis, Optimisasi & Manajemen Social Media, serta Video & Photography produk.

Subscribe newsletter kami di sini untuk mendapatkan tips & perkembangan seputar Dunia Multimedia & Marketing gratis. Baca juga artikel-artikel lain di Artikel Yesternight.id dan jangan lupa follow sosial media Yesternight.id untuk informasi lainnya dan berita-berita terbaru.

 

Langganan Artikel

Yuk berlangganan Newsletter Yesternight.id untuk mendapatkan informasi terbaru seputaran industri kreatif & multimedia, serta promo & informasi menarik ekslusif dari Yesternight.id

0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar