How to Get The Right Lightning in Photography

Dalam dunia fotografi, siapa sih yang tidak tahu dengan apa yang disebut dengan pencahayaan atau bahasa kerennya lightning. Tetapi tahukah kamu terkadang kita memotret terutama para pemula atau beginner, terkadang kita sering melupakan atau menghiraukan aspek penting dalam fotografi ini. Pencahayaan itu memiliki peran yang penting dalam memaksimalkan hasil foto kamu.

Baca : Tren Fotografi terhits tahun 2021

Pengaturan cahaya dalam fotografi tidak ribet-ribet amat kok. Kamu tinggal hanya harus memiliki kamera mau itu kamera digital ataupun hp kamu juga boleh. Bahkan tidak sedikit karya foto yang bagus bisa ditangkap melalui kamera hp.

Sumber: Digital Connect

Nah untuk kamu yang ingin meningkatkan kualitas pencahayaan dalam foto kamu, nih ada beberapa tips buat kamu.para beginner dalam pencahayaan foto.

Pentingnya pengaturan posisi dalam mencari pencahayaan yang tepat

Ada dua jenis pencahayaan dalam fotografi, yaitu cahaya artifisial dan cahaya natural. Cahaya natural itu adalah cahaya yang berasal dari sinar matahari, sedangkan cahaya artifisial adalah cahaya yang berasal dari lampu, misalnya lampu studio atau flash hp. Meletakkan subjek foto mu didepan sumber cahaya akan memberikan efek yang datar atau bisa dibilang hanya terang dititik pusat, tidak ada kontour. Singkatnya pencahayaannya tidak terlihat natural.

Sumber : Tumblr

Nah contohnya nih, ketika kamu bekerja dengan pencahayaan natural, kamu harus memindahkan benda sesuai efek pencahayaan apa yang paling kamu inginkan. Safe zone itu selalu pencahayaan dari samping yang memberikan efek pencahayaan yang memiliki bayananga dan juga tingkatan dalam bayanngan. Kadang kalau kamu mendapatkan background yang tepat, kamu dapat mengatur mood yang kamu inginkan di foto kamu.

Kamu dapat menggunakan pencahayaan dari samping untuk hasil foto yang lebih dramatis, dengan suasana emotional dan dramatik.

Sumber: Tumblr

Jika kamu, letakkan pencahayaan dibelakang subjek, biasanya, subjek akan terlihat memiliki bayangan atau siluet. Jika kamu dapat mengatur posisi kamera mu dengan baik, kamu dapat memanfaatkan pencahayaan dibelakang dengan baik yaitu dengan menggunakan pencahayaan ini sebagai cahaya pinggiran yang memberikan efek dramatik terhadap subjek. Umumnya cahaya seperti ini digunakan pada potret dan foto produk profesional. Tips untuk menjepret foto yang minimalis klik disini.

Nah jadi, kamu tidak harus ke studio untuk mendapatkan sinar lampu yang baik. Kamu dapat memanfaatkan sinar alami yaitu sinar matahari. Meskipun agak repot dibandingkan menggunakan cahaya lampu studio tetapi usaha tidak akan mengkhianati hasil bila dilakukan dengan baik dan benar. Beberapa malah dapat lebih bagus daripada hasil studio, asalkan dilakukan dengan pencahayaan yang baik dan juga proses editing yang halus. Aplikasi untuk mengedit foto dan video termudah untuk pemula, klik disini.

Bagaimana dengan informasi diatas? Apakah kamu menjadi lebih banyak tahu mengenai posisi yang tepat untuk pencahayaan dalam foto? Untuk membaca artikel lainnya mengenai fotografi, jangan lupa subscribe di newsletter Yesternight.id. Selain artikel mengenai fotografi, kamu juga disuguhkan dengan banyak artikel lain mengenai videografi, editing, bahkan hingga manajemen produk dan branding. Tunggu apa lagi, yuk subscribe di Yesternigh.id untuk menambah keilmuan kamu tentang dunia multimedia milenial yang terhits dan ter-up-to-date.

Langganan Artikel

Yuk berlangganan Newsletter Yesternight.id untuk mendapatkan informasi terbaru seputaran industri kreatif & multimedia, serta promo & informasi menarik ekslusif dari Yesternight.id

0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar