Jenis-jenis Shot / Pengambilan Gambar yang Wajib Kamu Tau!

ezgif 1 813d69a5751c 1

Sebelum kamu membuat konten atau karya yang bisa memuaskan diri ataupun penonton, kamu perlu mengetahui jenis-jenis shot atau pengambilan gambar.

Karena dengan pengambilan gambar yang sesuai bisa menambah kesan dan membawa penonton untuk merasakan visual yang disajikan. Dengan mengetahui jenis-jenis shot kamu bisa paham untuk memberikan transisi shot kepada penonton dari satu shot ke shot lainnya sehingga visual tidak terasa datar.

Langsung saja, berikut adalah Jenis Jenis Shot atau Pengambilan Gambar yang Wajib Kamu Tau!

Extreme Long Shot / Extreme Wide Shot

ezgif 1 b16f605a79e0

Jenis Shot ini membuat subjek telihat dengan menunjukkan lokasi subjek berada secara luas. Shot ini akan membuat subjek dalam kamera terasa kecil, jauh ataupun terasingkan. Dan jenis shot ini bisa dipakai untuk pembuka sebuah scene sekaligus untuk menunjukkan dimana subjek sedang berada ataupun memperkenalkan dunia dalam film.

 

Long Shot / Wide Shot

ezgif 1 5a8340d22b00

Long Shot hampir sama dengan Extreme Long Shot, tetapi sedikit lebih dekat. Jika subjek adalah orang, maka seluruh tubuhnya akan terlihat tetapi tidak memenuhi frame dan juga background atau lokasi tempat subject berada akan lebih terlihat jelas. Di shot ini kita bisa merasakan bagaimana perasaan subject atau tokoh dalam film berada di tempat yang sesuai atau tidak.

 

Full Shot

ezgif 1 6a90450af2c5

Di sini, lokasi atau background tidak terlalu difokuskan, karena fokus utama haruslah pada karakter. Selain itu, shot ini harus memiliki batas pengambilan karakter dari ujung kepala hingga ujung kaki, tidak terlalu fokus kepada ekspresi.

Jenis Shot ini juga bisa digunakan untuk mengambil beberapa karakter dalam satu pengambilan sesuai dengan lebar shotnya.

 

Medium Long Shot / Medium Wide Shot

Medium Long Shot mengambil subject dari lutut sampai ke ujung kepala. Jenis Shot ini juga untuk membedakan Full Shot dan Medium Shot. Shot ini juga bisa diambil dari angle manapun, tidak masalah jika mau mengambil dari belakang.

 

Medium Shot

ezgif 1 813d69a5751c

Medium Shot merupakan jenis pengambilan gambar yang paling sering digunakan. Shot ini lebih pada subjek dengan background yang masih terlihat jelas dan diambil dari bagian pinggang karakter hingga ujung kepala. Medium Shot juga sering kali dapat digunakan saat karakter sedang melakukan dialog dan biasanya disambung dengan Close Up Shot.

 

Medium Close Up

ezgif 1 1cc420a56899

Medium Close Up menunjukkan subjek dari sekitar dada hingga ujung kepala. Shot ini membuat karakter terlihat sedikit lebih jauh walaupun berada dekat dengan subjek lainnya. Jenis Shot ini juga biasanya dipakai saat karakter sedang melakukan dialog dan juga sangat cocok untuk mengambil sebuah reaksi. Medium Close Up juga bisa membuat menggambarkan karakter tidak memiliki ruang gerak, sehingga menimbulkan kesan claustrophobic kepada penonton.

 

Close Up

ezgif 1 2c9d529e7a1c

Jika ingin mengambil suatu ekspresi karakter, Close Up merupakan jenis shot yang paling cocok. Jenis Shot ini memperlihat seberapa dekat wajah karakter, karena gambar karakter diambil dari leher hingga ujung kepala. Close Up sangat cocok untuk mengambil adegan dramatis yang berfokus kepada ekspresi karakter dan tanpa sadar bisa menyampaikan apa yang dirasakan karakter kepada penonton.

 

Extreme Close Up

ezgif 1 c8763f0499e5

Jenis Shot ini memperlihatkan gambar yang fokus kepada objek atau pergerakan yang spesifik. Lebih mengarahkan kepada penonton mana yang harus mereka lihat, dan biasanya itu adalah hal yang penting untuk diperhatikan. Bisa saja hanya mengambil mata, atau mulu, atau pistol. Karena d shot yang sempit dan hanya fokus satu titik, penonton tidak akan melewati apa yang ditampilkan dalam shot tersebut.

 


Yesternight.id telah bekerja dengan banyak jenis industri, EO dan brand dan perusahan. Kami menyediakan jasa terbaik untuk produk dan jasa kami, dengan konsistensi dan efisiensi menjadi kualitas utama kami. Dan untuk kabar lebih baiknya lagi, harga jasa kami itu dapat dinegosiasi dan sangat murah

Kamu dapat menghubungi kami melalui:

Facebook: Yesternight Indonesia

Yesternight Indonesia – Beranda | Facebook

Instagram: Yesternight.id

#yesternightindonesia (@yesternight.id) • Instagram photos and videos

WhatsApp: https://wa.me/6281349611223?text=Halo%20Yesternight,%20saya%20mau%20tanya%20soal%20

Yesternight.id juga menawarkan banyak jenis jasa multimedia yang akan menguntungkan bisnis dan personal branding kamu. Studio kami menerima jasa manajemen sosial media, penyorotan dokumentasi, dan desain logo atau grafis.

Langganan Artikel

Yuk berlangganan Newsletter Yesternight.id untuk mendapatkan informasi terbaru seputaran industri kreatif & multimedia, serta promo & informasi menarik ekslusif dari Yesternight.id