6 Alat Fotografi Yang Wajib Kalian Tau

XMSryFT7fl

Alat-Alat Fotografi merupakan sebuah alat bantu yang bisa mendukung dalam kegiatan pemotretan untuk memaksimalkan hasil dari pemotretan yang akan kita lakukan.

Penggunaan alat bantu pemotretan seperti ini sangat berpengaruh pada hasil pemotretan yang akan kita lakukan nantinya. Selain bergantung pada alat bantu fotografi, hasil gambar atau foto yang diperoleh, juga sangat bergantung pada teknik teknik pengambilan gambar dan kreatifitas seorang fotografer untuk mengambil foto tersebut.

Karena itu, untuk menjadi fotografer profesional butuh peralatan fotografi yang mumpuni. Berikut 5 peralatan fotografi yang wajib dimiliki jika kamu ingin menjadi fotografer profesional.

 

1. Lensa Tambahan

Kamera DSLR pro level tidak akan ada gunanya jika hanya mengandalkan lensa bawaan kamera atau lensa kit. Seorang forografer profesional haruslah punya beragam lensa.

Dari mulai wide angle sampai lensa tele. Jangan ketinggalan pula lensa fix yang punya ketajaman lebih bagus dibanding lensa vario.

Memiliki beragam lensa ini akan sangat membantu kerja fotografer profesional. Karena dia pasti akan memakai lebih dari satu macam lensa dalam satu acara pemotretan. Termasuk ketika melakukan pemotretan outdoor.

Setidaknya lensa yang harus dimiliki adalah lensa sudut lebar, lensa standar 50 mm, dan lensa tele 200 mm.

 

 

2. Tudung Lensa

Alat Alat Fotografi

Salah satu sebuah alat fotografi yang bisa dipasang didepan lensa ini berfungsi untuk menghilangkan sebagian cahaya yang tidak diinginkan dan dapat menyebabkan flare jika cahaya tersebut masuk ke dalam lensa kamera.

 

 

3. Alat Fotografi Filter

Alat Alat Fotografi

Filter ini merupakan sebuah alat penyaring cahaya yang masuk, sehingga menghasilkan efek-efek tertentu yang kita inginkan dalam sesi pemotretan. Cara menggunakan filter ini sangat mudah sekali yaitu dengan cara memasangnya pada ujung lensa.

Terdapat 2 macam filter yang biasa digunakan sebagai alat fotografi, yaitu square (kotak) dan circle (bulat).

Pada penggunaan filter circle ini, kita harus sangat memperhatikan ukuran diameter lensa yang kita gunakan agar hasil foto yang didapatkan menjadi lebih bagus dan tentunya sesuai dengan keinginan kita. Namun, jika kalian menggunakan filter square, kalian harus menambahkan ring khusus yang diletakan tepat di depan lensa kamera.

 

 

4. Flash

Alat Alat Fotografi

Di dalam pemotretan sangat dibutuhkan dan diperlukan adanya alat bantu fotografi berupa flash ini. Alat ini biasanya digunakan pada saat pemotretan malam hari dengan cahaya yang minim.

Namun, tidak hanya malam hari alat ini digunakan. Tetapi, tidak jarang juga yang menggunakan flash ini pada waktu siang hari yang bertujuan untuk fill in flash atau biasa disebut dengan blitz dan bisa digunakan sesuai dengan jarak, kekuatan, serta fasilitas khusus yang dimiliki.

 

 

5. Tripod

Alat Alat Fotografi

Alat fotografi selanjutnya adalah sebuah alat yang memiliki kaki tiga atau biasa disebut dengan tripod.

Tripod ini berfungsi untuk menyangga sebuah kamera pada waktu pemotretan berlangsung, agar kamera yang digunakan tidak terjadi guncangan (shaking). Alat fotografi ini biasanya digunakan untuk pemotretan yang berkecepatan lambat. Alat ini juga berfungsi untuk menopang berbagai lensa dengan ukuran yang relatif panjang.

 

 

6. Braket Atau Holder

Alat Alat Fotografi

Untuk yang satu ini wajib kalian gunakan setiap kali melakukan sebuah pemotretan. Alat ini digunakan hanya pada saat dimana perlu menggunakan flash tambahan.

Holder ini berguna untuk menyangga slave unit atau flash tambahan dalam pemotretan. Alat ini biasanya dipasang pada body kamera.

 

Nah jadi, gimana guys, sekarang kalian sudah memahami kan tentang alat bantu fotografi yang biasanya digunakan oleh seorang fotografer profesional. Semoga dengan membaca ini kalian bisa memahami dan menambah ilmu tentang fotografi.

 


 

yesternight.id telah bekerja dengan banyak jenis industri, EO dan brand dan perusahan.

Kami menyediakan jasa terbaik untuk produk dan jasa kami, dengan konsistensi dan efisiensi menjadi kualitas utama kami. Dan untuk kabar lebih baiknya lagi, harga jasa kami itu dapat dinegosiasi dan sangat murah

Kamu dapat menghubungi kami melalui:

Facebook: Yesternight Indonesia

Yesternight Indonesia – Beranda | Facebook

Instagram: Yesternight.id

#yesternightindonesia (@yesternight.id) • Instagram photos and videos

WhatsApp: https://wa.me/6281349611223?text=Halo%20Yesternight,%20saya%20mau%20tanya%20soal%20

Yesternight.id juga menawarkan banyak jenis jasa multimedia yang akan menguntungkan bisnis dan personal branding kamu. Studio kami menerima jasa manajemen sosial media, penyorotan dokumentasi, dan desing logo atau grafis.

Langganan Artikel

Yuk berlangganan Newsletter Yesternight.id untuk mendapatkan informasi terbaru seputaran industri kreatif & multimedia, serta promo & informasi menarik ekslusif dari Yesternight.id