5 Rekomendasi Software Edit Video PC

how to edit videos in imovie

Konten visual berupa video memiliki daya tarik tersendiri, terutama konten visual dalam bentuk video.

Maka dari itu aplikasi pengolah video sangat dibutuhkan untuk menghasilkan konten yang memanjakan mata para penonton.

Bisa untuk menambahkan animasi, penyesuaian warna, hingga penambahan teks pada video semuanya harus dilakukan melalui aplikasi khusus video.

Mau, kan, konten video kamu jadi tampak lebih keren?

Berikut beberapa software edit video PC terbaik yang bisa kamu pelajari di rumah.

 

1. Filmora

filmora logo

Filmora merupakan salah satu aplikasi edit video yang cukup terkenal. Aplikasi ini cukup mudah digunakan dan memiliki semua fitur yang diperlukan untuk mengedit video kamu secara teliti.

Selain itu, Filmora dikenal sebagai aplikasi edit video yang berguna untuk membuat tutorial atau video lainnya.

Aplikasi ini juga memiliki fitur efek layar hijau dan pengeditan video 4K. Filmora menjadi pesaing yang sangat baik untuk pengguna amatir dan bahkan profesional dengan desainnya yang mengesankan dan daftar fitur yang solid.

Namun, akan ada watermark di video yang dihasilkan. Jika ingin menghapus watermark dari video, kamu harus membeli versi pro.

Kelebihan:

  • Tampilan yang bersih dan intuitif
  • Dukungan video 4K
  • Memiliki alat rekam layar
  • Akselerasi GPU opsional untuk encoding yang lebih cepat

2. Adobe Premiere Pro

Adobe Premiere Pro CC icon.svg

Premiere Pro adalah software pengeditan video profesional, salah satu yang terbaik di ranahnya.

Kamu bisa menggunakan software ini baik itu untuk pengeditan online atau offline. Karena sudah tergabung ke dalam seri Adobe CC (creative cloud), software ini terintegrasi dengan aplikasi lainnya yang mungkin dibutuhkan untuk mengedit video.

Dalam kata lain, aset-aset digital yang dibuat di software Adobe lainnya bisa dengan mudah kamu akses dalam Premiere Pro CC. Misalkan kamu membuat ilustrasi menggunakan Adobe Illustrator. Aset yang dibuat tersebut bisa langsung dimasukkan ke dalam video yang ada di Premiere Pro.

Dikutip dari situs Adobe, kamu bisa mengedit berbagai macam format video di dalam Premiere Pro.

Mulai dari low resolution, 8K, bahkan sampai virtual reality. Kalau ingin menggunakan Adobe Premiere Pro, kamu harus membelinya tapi bagi kalian tertarik kalian bisa coba dulu versi trialnya.

Kelebihan:

  • Interface Software ini sangat mudah dipahami, tiap pilihan fitur tertata jelas
  • Pilihan fitur pun beragam
  • Punya CC (Creative Cloud)
  • Hampir Mendukung Semua Jenis Video (Resolusi, Jenis File, dll)

3. Blender

download 8

Blender merupakan aplikasi edit video yang mungkin tidak terlalu terkenal. Aplikasi ini tersedia untuk Windows, Mac, dan Linux.Blender memiliki kemampuan untuk membuat animasi video namun juga memiliki fitur dasar yang dapat digunakan antara lain memotong dan meyambung video.

Blender juga dapat melakukan tugas yang lebih kompleks seperti pemodelan 3D, animasi, rendering, simulasi, dan beberapa opsi kompleks untuk pembuatan game dan video.

Dengan berbagai fitur kompleks tersebut menjadikan Blender sebagai aplikasi edit video yang sangat fleksibel yang melayani pengguna pemula maupun profesional.

Kalau kamu seorang profesional, Blender adalah pilihan yang baik untuk edit video. Untuk pemula, aplikasi ini dapat terlihat rumit. Kuncinya adalah rajin berlatih dan mengikuti beberapa tutorial sehingga dapat menggunakan Blender secara sempurna.

Kelebihan:

  • Gratis dan memiliki fitur lengkap
  • bagus untuk animasi
  • Memiliki fitur kompleks untuk dipelajari

4. Shotcut

Shot Cut 7d93b6abb5964fada1eaff2f445c2898

Kalau kamu seorang pemula dan tidak begitu akrab dengan aplikasi edit video, Shotcut dapat menjadi pilihan yang cocok.

Shotcut adalah aplikasi edit video gratis yang tersedia untuk sistem operasi Linux, Mac dan Windows. Aplikasi ini cukup sederhana, namun memiliki banyak fitur yang kompleks.

Paling Praktis Tampilan perintah semua ada di layar sehingga mudah diakses. Berbagai panel dapat diposisikan ulang, atau bahkan dibuat sebagai jendela mengambang, dan panel tambahan dapat dibawa ke depan untuk menambahkan lebih banyak informasi di layar pada satu waktu.

Adapun fitur lain yang dimiliki Shotcut adalah mengambil gambar dari kamera web, merekam audio, mendukung resolusi video 4K, filter audio, filter video, transisi video, dan masih banyak lagi. Shotcut dapat menjadi pilihan yang baik untuk edit video dengan mudah dan praktis.

Kelebihan:

  • Gratis dan multi-platform
  • Dapat disesuaikan
  • Fitur lengkap     

5. VSDC Free Video Editor

04EpxWvtWVk43XiaJZF6HRs 4.1572662629.fit lim.size 1050x591

Aplikasi ini tidak memiliki batasan waktu atau tanda air (watermark) dan dapat membuat proyek video dari kombinasi klip video, gambar, dan file audio. VSDC dapat menghasilkan video dengan resolusi hingga 1.980 x 1.080 (full HD) dan frame rate maksimum 30 fps sehingga video yang dihasilkan terlihat jernih dan lancar.

Aplikasi ini juga mendukung format video 3D dan VR 360 derajat. Tampilan VSDC menarik untuk dilihat dengan menggunakan skema warna abu-abu gelap yang tidak mengganggu mata. Semua teks dan ikon juga mudah terlihat dan tidak mengganggu saat digunakan untuk bekerja dalam waktu lama.

Ada mekanisme docking, sehingga panel yang sering digunakan dapat disematkan ke bagian samping untuk akses yang lebih mudah.

VSDC Free Video Editor menawarkan berbagai fitur yang lengkap, termasuk pemangkasan dan pemotongan klip, penerapan efek transisi dan penambahan audio.

Kombinasi tampilan yang sederhana dan fitur yang lengkap serta ukuran aplikasi yang kecil menjadikan aplikasi ini ramah digunakan untuk pemula. Aplikasi ini tersedia untuk pengguna Windows.

Kelebihan:

  • Fitur lengkap
  • Efek visual yang bagus
  • Proses teks yang efisien
  • Banyak mode blending

Yesternight.id telah bekerja dengan banyak jenis industri, EO dan brand dan perusahan. Kami menyediakan jasa terbaik untuk produk dan jasa kami, dengan konsistensi dan efisiensi menjadi kualitas utama kami. Dan untuk kabar lebih baiknya lagi, harga jasa kami itu dapat dinegosiasi dan sangat murah

Kamu dapat menghubungi kami melalui:

Facebook: Yesternight Indonesia

Yesternight Indonesia – Beranda | Facebook

Instagram: Yesternight.id

#yesternightindonesia (@yesternight.id) • Instagram photos and videos

WhatsApp: https://wa.me/6281349611223?text=Halo%20Yesternight,%20saya%20mau%20tanya%20soal%20

Yesternight.id juga menawarkan banyak jenis jasa multimedia yang akan menguntungkan bisnis dan personal branding kamu. Studio kami menerima jasa manajemen sosial media, penyorotan dokumentasi, dan desain logo atau grafis.

Langganan Artikel

Yuk berlangganan Newsletter Yesternight.id untuk mendapatkan informasi terbaru seputaran industri kreatif & multimedia, serta promo & informasi menarik ekslusif dari Yesternight.id