4 Tips Biar Kamu Gak Insecure Lagi Sama Kamera Laptop

Siapa nih yang kalo lagi meeting atau belajar online pasti nggak pernah nyalain kamera karena insecure dengan kamera laptop yang burik? Tenang kamu nggak sendiri kok, banyak orang yang merasa kamera laptop atau hasil dari kamera laptop itu bikin wajah kita semakin burik daripada aslinya.

Kamera laptop kini menjadi salah satu bagian yang sangat dibutuhkan untuk dapat menunjang aktivitas per-online-an kamu. Namun kamera laptop memang biasanya memiliki resolusi kecil. Kenapa kamu nggak pake kamera smartphone aja? Kamera smartphone memang memiliki resolusi yang lebih tinggi, namun penggunaan laptop lebih bisa menunjang dan lebih mudah digunakaan untuk video conference atau pertemuan online.

Kamu nggak usah khawatir karena kamu bisa menyiasati hal tersebut denga melakukan beberapa cara. Nah mungkin kamu harus lakukan beberapa tips berikut yang akan Yesternight.id rangkumkan khusus untuk kamu. Jadi pastikan kamu membacanya sampai akhir ya!

Membersihkan Lensa Kamera

Mungkin saja kamera laptop kamu tidak sejelek yang kamu kira, namun justru karena kondisi lensa kamera yang kotor atau jarang dibersihkan sehingga dapat mempengaruhi kualitas gambar yang dihasilkan. Gambar akan buram, akan Nampak efek bercak-bercak, bahkan gambar yang tertangkap akan tidak jelas tampilannya.

Oleh sebab itu, sebelum melakukan video conference atau pertemuan online, pastikan kamu membersihkan lensa kamera laptop kamu menggunakan alat-alat yang sesuai seperti tissue ataupun kain pembersih dan cairan khusus untuk membersihkan lensa kamera.

lihat juga: 3 Teknik Pencahayaan Dalam Perfilman | Yesternight.ID

Menggunakan Cahaya yang Cukup

Jika kamu sudah membersihkan kamera namun masih saja hasil gambarnya tidak sejernih yang kamu harapkan, kamu bisa menggunakan cahaya tambahan yang cukup. Cahaya ini dapat berupa cahaya alami yang berasal dari cahaya matahari ataupun cahaya buatan seperti penggunaan lampu, lighting, lilin, dan lain sebagainya.

Untuk menggunakan cahaya alami, kamu harus memperhatikan posisi kamu ketika sedang melakukan video conference atau pertemuan online. Pastikan posisi kamu berdekatan dengan jendela yang dapat menangkap cahaya matahari masuk.

Ketika kondisi mendung atau sedang berada di malam hari, kamu tidak perlu bingung untuk menggantikan cahaya matahari. Kamu bisa menggunakan cahaya buatan seperti menggunakan lampu LED, lampu studio, ring light, serta pencahayaan buatan lainnya.

Sumber: Anna Shvets

Menggunakan Background yang Tepat

Menggunakan background yang tepat juga merupakan hal yang harus kamu perhatikan karena background ini akan dapat memperngaruhi kualitas gambar yang dihasilkan loh. Ketika kamu menggunakan background dengan warna gelap di dalam ruangan gelap, sudah jelas pati gambar yang dihasilkan akan gelap juga.

Oleh sebab itu, baiknya kamu menggnakan background polos dengan warna terang atau cerah, misalnya putih, baby pink, kuning cerah, dan lain sebagainya. Dengan pennggunaan background yang polos dan dengan warna cerah ini akan membuat teman-teman kamu yang juga berada di video conference tidak salah fokus dan kamu akan semakin terlihat jelas.

Sumber: Edward Jenner

Baca juga: 6 Tips Agar Keliatan Tinggi Saat Foto | Yesternight.ID

Menggunakan Kamera Tambahan

Jika kamu masih juga belum puas dengan menggunakan ketiga tips di atas, kamu bisa menggunakan kamera tambahan loh. Kamera tambahan ini dapat berupa kamera yang memang sengaja dipasang di laptop kamu ataupun kamera smartphone kamu yang dihubungkan ke laptop untuk menjadi kamera eksternal dengan bantuan aplikasi.

Kamera tambahan yang berupa kamera eksternal dapat kamu beli dengan harga yang bermacam-macam. Mulai dari harga murah sampai harga mahal. Kamera tambahan eksternal ini biasanya memiliki resolusi yang lebih tinggi jika diandingkan dengan kamera tambahan. Biasanya untuk kamera tambahan ini sudah dilengkapi lisensi khusus untu penggunaan di berbagai aplikasi video conference atau pertemuan online.

Nah kalau kamu tidak ingin mengeluarkan uang tambahan, kamu bisa kok menggunakan smartphone yang kamu miliki dan dijadikan sebagai kamera eksternal. Kamu hanya perlu install aplikasi pendukung seperti aplikasi droidcam. Setelah disambungkan, kamu dapat menggunakan kamera smartphone ini layaknya kamera bawaan laptop.

Kamera smartphone memang memiliki resolusi yang lebih tinggi. Oleh sebab itu kamu dapat menggunakannya untuk menghasilkan gambar yang lebih berkualitas. Penggunaan kamera smartphone ini dapat dibantu dengan tripod agar kamu tidak usah memegangnya sepanjang waktu. Pastikan posisi smartphone dalam keadaan landscape sehingga posisi gambar yang dihasilkan lebih enak dilihat.

Baca juga: Yummy! Tips Food Photography Estetik Modal Smartphone | Yesternight.ID

Nah begitulah 4 tips yang bisa Yesternight.id  sajikan untuk kamu. Jika kamu penasaran, pastikan kamu mencobanya dan buktikan sendiri apakah keempat tips tersebut bekerja sesuai ekspektasi kamu! Pastikan kamu juga membaca artikel lain yang disediakan Yesternight.id ya agar kamu mendapatkan informasi menarik lainnya!

Yesternight.id merupakan penyedia berbagai jasa yang akan membantu meringankan beban kamu dalam bidang dokumentasi, manajemen sosial media dan desain. berlokasi di Palangka Raya Kalimantan Tengah, Indonesia, Yesternight.id menekuni berbagai bidang diantaranya, Produksi Video, Dokumentasi Event & Wedding, Desain Grafis, Optimisasi & Manajemen Social Media, serta Video & Photography produk.

Subscribe newsletter kami di sini untuk mendapatkan tips & perkembangan seputar Dunia Multimedia & Marketing gratis. Baca juga artikel-artikel lain di Artikel Yesternight.id dan jangan lupa follow sosial media Yesternight.id untuk informasi lainnya dan berita-berita terbaru.

 

 

Langganan Artikel

Yuk berlangganan Newsletter Yesternight.id untuk mendapatkan informasi terbaru seputaran industri kreatif & multimedia, serta promo & informasi menarik ekslusif dari Yesternight.id

0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar