3 Rekomendasi Cara Menghapus Jejak Digital dengan Mudah

 

Internet bersifat tidak terbatas. Kita dapat memposting, menuliskan atau membagi hal apapun di hampir semua platform internet dengan bebas.

Tidak hanya itu, banyak juga yang berani menuliskan hal buruk, menyebar berita bohong atau mengunggah video perilaku negatif mereka sendiri di sosial media. Seolah-olah mereka bangga atas keburukan tersebut.

Padahal, sikap dan perilaku negatif kita di dunia maya, dapat membuat kita terjebak dalam dampak buruk di kemudian hari. Internet akan menyimpan rekam jejak digital kita di dunia maya selamanya.

Kasus kebocoran data mulai terjadi pada bulan Mei hingga November 2020. Dalam kasus kebocoran tersebut, peretas mencuri data pengguna lalu menjualnya ke forum gelap.

Untuk itu sangat penting menghapus jejak digital yang bersifat pribadi di internet agar terhindar dari kebocoran atau pencurian data pribadi.

Meskipun tidak bisa terhapus 100% , setidaknya kita bisa mengurangi jejak digital melalui cara-cara di bawah ini.

 

1. Memeriksa Data yang Berpotensi Bocor lewat “Have I Been Pwned?”

Sering kita baca berita seputar kebocoran data dari situs-situs ternama misalnya dari Yahoo dan Adobe, bahkan ini terjadi di Indonesia seperti yang baru baru saja terjadi Pada awal Mei 2020 yaitu perusahaan perdagangan elektronik Tokopedia.

Seorang ahli keamanan Troy Hunt pada tanggal 4 Desember 2013, merilis Have I Been Pwned? sebuah layanan gratis untuk membantu orang memeriksa apakah data informasi pribadi mereka telah bocor atau dikompromikan.

Berikut selengkapnya langkah-langkahnya memeriksa data yang berpotensi bocor.

Pertama, buka Have I Been Pwned , Lalu isikan alamat email yang ingin di periksa pada formulir yang disediakan.

 

2. Menghapus Data melalui Google Support

Melalui legal help di situs Google Support, pengguna internet bisa membuat permohonan pada Google untuk menghapus konten yang dianggap melanggar hak-hak pengguna.

“Perilaku seperti phishing, kekerasan, atau konten eksplisit juga dapat melanggar kebijakan produk kami dan memenuhi syarat untuk dihapus dari produk Google,” tulis Google di laman resminya.

Nantinya Google akan meninjau permohonan pengguna dan mempertimbangkan untuk memblokir, membatasi, atau menghapus akses ke konten yang dimuat dalam permohonan.

Buka legal help di laman Google Support melalui tautan berikut

  • Klik opsi “create a request”
  • Pilih produk Google yang kontennya ingin dihapus
  • Masukkan alasan permohonan penghapusan konten. Ada enam pilihan yang disediakan, di antaranya adalah “right to be forgotten”, melaporkan phising, pencemaran nama baik, masalah hak cipta, hingga masalah hukum lainnya.
  • Nantinya akan ada tautan yang disertakan untuk setiap konten dari produk Google yang dipilih untuk dihapus
  • Kunjungi tautan yang disediakan
  • Isi seluruh data dan informasi yang diperlukan
  • Lalu kirim formulir permohonan tersebut

 

Perlu diketahui bahwa Google perlu meninjau laporan yang masuk secara manual terlebih dahulu. Setelah ada keputusan, pemohon/pelapor akan menerima e-mail yang berisi notifikasi terkait permohonannya.

Proses permohonan pengguna oleh Google ini bisa memakan waktu yang cukup lama, yakni hingga 2 tahun.

 

3. Menghapus atau Menonaktifkan Akun melalui Perantara Website Layanan Penghapus Akun 

 

Di Internet banyak yang menyediakan jasa atau layanan penghapus akun, salah satunya seperti AccountKiller ini

AccountKiller adalah sebuah situs yang mencantumkan maksimum layanan dalam berbagai bentuk, yang sangat sulit untuk dihapus, atau tidak intuitif ketika menutup akun.

Kamu bisa menghilangkan jejak digital berupa akun media sosial yang berisi hal-hal buruk atau data privasi kamu dengan cara menghapus atau menonaktifkan akun kamu. Dengan demikian terdapat berbagai layanan, seperti Facebook, Skype atau Tinder.

Jika kamu pernah mencoba menutup salah satu tersebut, kamu memahami panduan yang mereka sediakan. Pada akhirnya kamu mungkin tidak berhasil dan akhirnya menyerah.

AccountKiller mengklasifikasikan berbagai situs dan aplikasi sesuai dengan kesulitan mereka dalam menutup sebuah akun. Ada warna 3 (Putih, Abu-Abu, Hitam), putih adalah yang paling mudah dan hitam yang paling rumit.

AccountKiller tidak berhenti pada panduan sederhana. Memang, situs tersebut menawarkan ekstensinya sendiri, tersedia di sebagian besar browser dan di iOS. Ekstensi ini dapat ditemukan dengan nama: AccountKiller SiteCheck.

Kepentingan aplikasi ini bukan untuk menghapus akun untuk kamu, melainkan untuk melayani sebagai jam tangan pada tingkat ketentuan untuk menghapus akun pada layanan tertentu.

Melalui aplikasi ini, jika kamu ingin mendaftar di suatu tempat dan bahwa situs tersebut direferensikan dalam database AccountKiller (yang juga dapat diperbarui oleh penggunanya yang memiliki kesempatan untuk mengirimkan situs secara langsung di www.accountkiller.com ).

Ekstensi akan memperingatkan kamu dengan memberikan semua informasi yang kamu butuhkan untuk menghapus akun kamu dengan cepat dan efisien pada hari yang kamu inginkan!

 

Portofolio dan info selengkapnya dapat Anda akses dengan mengunjungi website kami di sini.

Anda bisa menghubungi kami melalui:

Facebook: Yesternight Indonesia

Yesternight Indonesia – Beranda | Facebook

Instagram: Yesternight.id

#yesternightindonesia (@yesternight.id) • Instagram photos and videos

WhatsApp: https://wa.me/6281349611223?text=Halo%20Yesternight,%20saya%20mau%20tanya%20soal%20

Yesternight.id juga menyediakan berbagai jasa lainnya yang pastinya akan membantu meringankan beban Anda dalam bidang dokumentasi, manajemen sosial media, dan desain. Berlokasi di Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Indonesia, Yesternight.i menekuni berbagai bidang diantaranya, Produksi Video, Dokumentasi Event & Wedding, Desain Grafis, Optimisasi & Manajemen Social Media, serta Video & Photography produk.

Subscribe newsletter kami di sini untuk mendapatkan tips & perkembangan seputar Dunia Multimedia & Marketing gratis. Baca juga artikel-artikel lain di Artikel Yesternight.id dan jangan lupa follow sosial media Yesternight.id untuk informasi lainnya dan berita-berita terbaru.

 

 

 

 

 

 

Langganan Artikel

Yuk berlangganan Newsletter Yesternight.id untuk mendapatkan informasi terbaru seputaran industri kreatif & multimedia, serta promo & informasi menarik ekslusif dari Yesternight.id